Tiga Rumah Kebakaran di Padaawas, Dua Ludes Terbakar, Anggota DPRD Garut Akan Perjuangkan ke Kemensos

Sosial457 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Tiga rumah mengalami kebakaran di Kampung Kebonkolot, Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Kamis 16 Maret 2023. Dua diantaranya ludes terbakar.

Anggota DPRD Garut, Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan mengunjungi korban kebakaran tersebut, begitu sepualng kunjungan kerja dari Kabupaten Ciamis.

” Saya sendiri mendapat kabar dari Kapolsek Pasirwangi bapak AKP Abusono SH, yang tadi siang beserta jajaran Polsek Koramil Pasirwangi dan Disdamkar Garut memadamkan api bersama warga agar kebekaran tidak meluas,” lanjut Yudha.

Yudha menerangkan, dua dari tiga korban itu adalah lansia yang umurnya sudah sangat tua. Yudha sangat prihatin kepada kedua lansia tersebut.

Dalam kunjungan itu, Yudha memberikan bantuan uang tunai dan sejumlah bingkisan sembako bagi tiga keluarga tersebut.

Selain itu Yudha juga akan segera berkoordinasi ke Kementerian Sosial agar kedua lansia itu mendapatkan pembangunan rumah.

Di samping itu, Yudha juga sudah koordinasi dengan sejumlah instansi di Pemerintah Kabupaten Garut untuk membantu korban.

” Kedatangan saya tentunya sebagai bentuk empati dan solidaritas kepada yang terkena musibah. Tadi saya menguatkan hati yang terkena musibah. Bahwa Pemerintahan desa dan padaawas dan pemeirntahan kecamatan Pasirwangi akan berikhtiar agar adanya bantuan dari Pemkab Garut dan pihak-pihak lainnya,” kata Yudha.

baca juga: Yudha, Anggota DPRD Garut Kunjungi Janda Korban Kebakaran di Kelurahan Pananjung

” Saya yakinkan yang ketiga keluarga bahwa mereka tak sendirian menghadapi musibah ini. Saya juga memberikan santunan sembako dan uang tunai untuk sedikit meringankan beban ketiga keluarga tersebut.
Saya akan berusaha berkomunikasi dengan kemensos RI juga,” ujarnya.

” Saya berharap Pemkab Garut bisa langsung menggerakkan SKPD membantu pak Endang, mak Anih dan pak Ade dan bisa mengoordinasikan bantuan dari elemen lainnya. Karena mereka sudah sangat tua, mereka kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan kita semua,” ujar Yudha.

Dari tiga rumah itu, Yudha menjelaskan, rumah milik emak Anih dan Ade ludes terbakar. Sedangkan rumah milik Endang hangus di bagian atapnya.

baca juga: Harta Benda Lansia di Cilawu Habis Terbakar, Yudha Berharap Solidaritas Sosial Tumbuh di Hati Pemangku Kebijakan

” Kebakaran sendiri terjadi sekitar jam 11.00 wib. Pada saat kebakaran emak Anih sedang tertidur lelap di rumahnya. Beruntung warga setempat sangat sigap segera mengevakuasi emak Anih,” ujar Yudha.