Pengurus DPC PDI Perjuangan Garut Kunjungi Korban Kebakaran di Cikajang dan Cigedug

Berita, Sosial230 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Garut mengunjungi korban kebakaran di Kecamatan Cikajang dan Cigedug, Jumat 10 Maret 2023.

Dalam kunjungan tersebut hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, Yudha Puja Turnawan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Garut, Yuyus Kartariredja, kemudian Wakil Ketua Bidang Politik DPC PDI Perjuangan Garut Arie Maria Hasan, dan Ketua PAC PDI Perjuangan Cikajang Dida Komara juga pengurus lainnya.

Lokasi kunjungan pertama, sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan mengunjungi korban kebakaran di Kampung Siderang Legok, Desa Cintanegara, Kecamatan Cigedug kemudian dilanjutkan ke Kampung Babakan Minggu, Desa Margamulyam Kecamatan Cikajang.

” Lokasi pertama kita mengunjungi ibu Situ Maemunah yang rumahnya kebakaran di Kampung Siderang Legok. Alhamdulillah kunjungan kami didampingi oleh Ibu Yeni Camat Cigedug dan Pemerintah Desa Cintanegara,” ujar Yudha Puja Turnawan, Ketua DPC PDI Perjuangan Garut.

” Kami menengok langsung untuk menguatkan hati yang terkena musibah dan meringankan beban mereka. DPC PDI Perjuangan Garut memberikan santunan sembako dan menyampaikan bantuan uang dari pak Rachmat Soegandar, Bacaleg DPR RI sebesar Rp1 juta,” tambah Yudha.

Ketika kunjungan ke Desa Cintanegara, Kecamatan Cigedug, Yudha mendapatkan kabar bahwa di tahun 2022 lalu, korban kebakaran di Desa Cintanegara ada yang tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut.

Padahal ada bantuan bahan bangunan di Disperkim Garut yang dikhususkan untuk membantu korban kebakaran. Hal ini menjadi catatan Yudha bagi Pemerintah Kabupaten Garut.

” Oleh karenanya saya berharap Bupati Garut segera membentuk Forum TJSLP atau Forum CSR agar dana CSR berbagai perusahaan yang beroperasi di Garut bisa diperuntukkan untuk membantu korban bencana,” ujarnya.

baca juga: Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Kunjungi Dede Juanah di Cibingbin Leuwigoong

Setelah dari Cigedug, Yudha bersama rombongan pengurus DPC PDI Perjuangan Garut berlanjut mengunjungi korban kebakaran di Kampung Babakan Minggu, Desa Margamulya, Kecamatan Cikajang.

” Bersama pak Riyana Camat Cikajang kami menengok pak Alit Suratman yang rumahnya mengalami kebakaran di kampung Babakan Minggu Desa Margamulya kecamatan Cikajang. Kami memberikan sembako dan menyampaikan bantuan dari pak Rachmat Soegandar uang sebesar satu juta rupiah buat pak Alit dan keluarga,” terang Yudha.

” Harapan kami banyak pihak tergerak untuk membantu warga yang terkena musibah kebakaran, mengingat mereka kehilangan rumah dan harta benda juga dokumen-dokumen penting. Solidaritas sosial, kesetiakawanan sosial serta semangat gotong royong harus ditunjukkan kepada warga yang terkena musibah. Perhatian sekecil apapun akan membantu mereka untuk bangkit,” ujar Yudha.

Camat Cikajang, Riyana yang turut hadir mendampingi kunjungan pengurus DPC PDI Perjuangan Garut itu mengucapkan terima kasih atas kepedulian terhadap warganya.

” Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan beban bagi keluarga korban. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua PAC PDI Perjuangan Cikajang, karena berkat beliau lah informasi ini sampai ke pak Yudha,” ujar Riyana.

baca juga: DPC PDI Perjuangan Garut Beri Edukasi Warga Cibatu Cara Cegah Stunting

Riyana juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Disperkim, DKP, Baznas dan PMI untuk membantu keluarga korban. ” PMI di hari Senin katanya akan berkoordinasi ke Garut,” imbuh Riyana.