DPC PDI Perjuangan Garut Beri Edukasi Warga Cibatu Cara Cegah Stunting

Memperingati Hari Lahir Megawati Soekarnoputri ke-76

Berita, Sosial520 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, memberikan sosialisasi edukasi, cara mencegah dan mengobati stunting (gagal tumbuh pada balita) di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Senin 23 Januari 2023.

Edukasi yang diberikan DPC PDI Perjuangan Garut ini juga sebagai peringatan hari lahirnya Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang ke-76. Acara peringatan itu diisi dengan kegiatan positif berupa edukasi pencegahan stunting agar lebih bermakna.

“Khusus tanggal 23 Januari ini adalah hari ulang tahun ibu ketua umum ya, ibu Hj Megawati Soekarnoputri yang ke-76 beliau lahir 23 Januari 1947. nah beliau selama ini bergerak mengamanat kader untuk peduli ke lingkungan, peduli masyarakat dan stunting,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut Yuda Puja Turnawan.

Dalam edukasi pencegahan stunting ini, DPC PDI Perjuangan Garut membuat semacam dapur umum sehat, yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan balita yang dikategorikan stunting.

Nantinya juga lanjut Yudha, akan ada semacam pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita yang menderita stunting tersebut.

Dari data yang didapat di Desa Kertajaya dan juga dari Desa Sindangsuka Kecamatan Cibatu, kurang lebih ada 127 ibu hamil yang nantinya akan mendapatkan program penurunan atau pencegahan stunting ini.

Yudha menerangkan bahwa penurunan dan pencegahan stunting merupakan tanggung jawab semua elemen, bukan hanya tugas pemerintah. Oleh karena itu Ia pun memberikan arahan kepada kader PDI Perjuangan, baik yang di PAC dan ranting, untuk bersinergi dengan semua elemen, termasuk dalam hal ini kader PKK, posyandu di desa.

” Kita mengamanatkan juga kepada PAC dan ranting untuk bersinergi dengan semua elemen untuk menegah dan menurunkan stunting,” tegas Yudha.

baca juga: Mantan Wakil Bupati Garut, Memo Hermawan Sebut PDI Perjuangan Perhatian Terhadap Isu Lingkungan dan Kemanusiaan

Selain itu Yudha juga mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Garut untuk bisa membuat kelas ibu hamil. Yaitu semacam ruang edukasi agar ibu hamil paham tentang pola asupan gizi yang baik seperti apa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Maskut Farid juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Maskut Farid mengucapkan terima kasih kepada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut atas program ini.

Dengan kerjasama banyak pihak semacam ini, Maskut berharap angka stunting bisa berkurang dan di kemudian hari Garut diharapkan zero stunting.

baca juga: Hukum Pers Lex Specialis, Wartawan Bisakah Dijerat KUHP Kaitan Berita?

Selain itu Maskut juga menyebut bahwa sekarang ini ada penurunan untuk angka stunting di tingkat Kabupaten. Sebelumnya stunting di Garut mencapai 35 persen, tapi sekarang sudah berkurang menjadi 22 persen.

Dalam kesempatan ini tampak pula Anggota DPRD Provinsi Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, H Memo Hermawan. Selain itu dari pemerintah setempat tampak hadir Kepala Desa Kertahaya, Tatan Asmara.