Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Kunjungi Dede Juanah di Cibingbin Leuwigoong

Berita, Sosial404 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, Yudha Puja Turnawan mengunjungi Dede Juanah, janda di Kampung Cibingbin RT 03 RW 02, Desa Leuwigoong, Kecamatan Leuwigoong, Selasa (24/01/23).

Dede Juanah rumahnya nyaris saja roboh, dan pada Sabtu lalu (21/01) rumahnya disepakati oleh warga setempat dibongkar untuk dibangun kembali.

Pada hari Selasa (24/01) warga setempat pun memulai pembangunan rumah Dede Juanah secara swadaya.

Yudha Puja Turnawan menjelaskan, inisiatif warga itu tentunya karena melihat rumah Dede yang sangat membahayakan. Dan warga bisa membuktikan swadaya membangun kembali rumah Dede Juanah.

Yudha yang menyaksikan swadaya warga, merasa terharu dan bangga. Rupanya masih ada masyarakat yang mempunyai sikap gotong royong tinggi seperti di Kampun Cibingbin ini.

” Gotong royong ini diinisiasi oleh pak Suherman Ketua RW 02 dan pak Nurwan Ketua Forum Peduli Cibingbin. Semua warga terlibat aktif, bergotong royong tenaga, waktu dan materi,” ujar Yudha.

baca juga: Pemkab Garut Matangkan Persiapan Hari Jadi Kabupaten ke-210

Bahkan Kepala Desa juga menunjukkan sipap gotong royong yang sama. Kepala Desa menyumbang uang tunai untuk membangun rumah janda tersebut.

” Pak Andes selaku Kepala Desa Leuwigoong juga ikut menyumbang 2 juta rupiah. Ibu-ibu memasak untuk warga yang membangun rumah buat ibu Dede Juanah,” ujar Yudha.

Karena terharu dengan sikap warga itu, Yudha pun mengapresiasi dengan ikut gotong royong menyumbang uang tunai sebesar satu juta rupiah yang dititipkan kepada panitia setempat.

baca juga: Tim OTW Bahas LGBT Bersama Anggota DPRD Garut

Selain itu Yudha juga memberikan bingkisan sembako secara khusus untuk keluarga Dede Juanah.

” Sebagai Anggota DPRD, saya sangat terkesan dan terharu betapa kepedulian warga Cibingbin kepada tetangganya yang kekurangan sangat besar. Tadi siang saya berkunjung untuk ikut bergotong royong memberikan bingkisan sembako buat ibu Dede Juanah, dan ikut menyumbang ke panitia pembangunan uang tunai satu juta rupiah,” tegas Yudha.

Selain itu kata Yudha, Dinas Sosial Kabupaten Garut juga memberikan bantuan sembako untuk keluarga Dede Juanah.

 

Yudha Lanjut Kunjungi Lansia yang Rumahnya Roboh

 

Setelah mengunjungi janda di Leuwigoong, Yudha juga kembali melanjutkan berkunjung ke Kampung karapiak, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi. Yudha mengunjungi Rumsiti seorang lansia 84 tahun.

Rumah Rumsiti juga bernasib sama. Bahkan mulai mengalami roboh ketika hujan lebat beberapa waktu lalu.

Rumah Rumsiti sendiri mengalami roboh pada Minggu 22 Januari lalu. Sebagian dinding dan atap rumahnya roboh saat hujan lebat.

” Bersama pak Eli Kabud Rehabsos Dinsos Garut. Pak Fahmi Camat Selaawi dan pak Aji Kades Mekarsari dan PAC PDI Perjuangan Selaawi saya melihat langsung kondisi rumah dan kondisi emak Rumsiti,” terang Yudha.

” Saya juga memutuskan ikut bergotong royong membantu berupa uang tunai satu juta rupiah untuk perbaikan rumah emak Rumsiti dan bingkisan sembako,” tambahnya.

Yudha berharap pemerintah desa dan kecamatan bisa memperkokoh kegotongroyongan warga setempat untuk memperbaiki rumah emak Rumsiti.

” Harapan saya juga setiap kader PDI Perjuangan yang ada di kabupaten Garut selalu mengedepankan gotong royong dan menghadirkan politik yang penuh dengan kemanusiaan.Setiap kader memperkuat solidaritas sosial, kerja untuk rakyat, dan berkomitmen terus hadir di tengah tengah masyarakat, membantu dan berpihak kepada rakyat kecil terutama yang mendapatkan musibah,” tutupnya.