Harta Benda Lansia di Cilawu Habis Terbakar, Yudha Berharap Solidaritas Sosial Tumbuh di Hati Pemangku Kebijakan

Berita, Sosial498 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Harta benda lansia pasangan suami istri Eno dan Aning di Kampung Panguyangan, Desa Sukamukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, ludes terbakar kemarin malam.

Tak ada harta yang tersisa, begitu juga dokumen penting milik Eno dan Aning juga ludes. Keduanya begitu sedih terhadap musibah tersebut, sekaligus bingung membangun kembali rumahnya.

Anggota DPRD Garut, Yudha Puja Turnawan Fraksi PDI Perjuangan, pada hari ini (27/2/23) mengunjungi kedua lansia tersebut. Yudha juga didampingi pengurus PAC PDI Perjuangan Cilawu dan Titin Kades Sukamukti.

Dalam kesempatan itu Yudha mengetuk hati seluruh pemangku kebijakan untuk menumbuhkan solidatiras sosial. Pasalnya akhir-akhir ini banyak sekali musibah yang terjadi di Kabupaten Garut.

” Beberapa hari ini banyak sekali terjadi musibah di Kabupaten Garut, semoga solidaritas sosial tumbuh di setiap sanubari para pemangku kebijakan Pemkab Garut dan di diri kita semua warga Garut. Mari kita bahu membahu bergotong royong membantu saudara kita yang tertimpa musibah,” ujar Yudha.

“ Harapan saya pemkab Garut segera mengkoordinasikan bantuan dari berbagai pihak seperti dari BAZNAS dan CSR BUMN dan BUMD. Juga dinas terkait sigap membantu korban terutama dinas perumahan pemukiman Garut segera memberikan bantuan bahan bangunan,” tambah Yudha.

Yudha sendiri dalam kesempatan itu memberikan sejumlah bantuan bagi kedua lansia tersebut. Antara lain sejumlah bingkisan sembako dan uang tunai untuk bekal beberapa hari.

” Kedatangan saya bersama bu kades tentunya bagian dari upaya menguatkan hati pak Eno dan bu Aning. Bahwa mereka tak sendirian menghadapi musibah ini,” sebut Yudha.

baca juga: Difteri Menyerang Kabupaten Garut, Imunisasi Massal Akan Dilakukan Pemkab

” Saya barusan memberikan santunan sembako dan uang tunai untuk pegangan sementara memenuhi kebutuhan hidup beberapa hari ke depan,” tambah Yudha.

Pada hari ini Yudha sendiri sebetulnya mempunyai agenda penting yaitu kunjungan kerja ke luar kota. Namun Yudha tampaknya lebih memprioritaskan berkunjung ke korban kebakaran.

Hal itu Yudha lakukan karena selama ini Ia menaruh perhatian besar terhadap korban kebakaran. Karena bisa terbayang bagaimana sedihnya korban kebakaran yang rumahnya ludes, seluruh harta benda mereka lenyap. Mereka pun bingung harus tinggal dimana.

baca juga: Sampah Plastik Berhasil Diubah Jadi BBM oleh Jiden Warga Garut

baca juga: Bantu Korban Kebakaran Tepat di Puncak HJG, Yudha Puja Turnawan: Sebagai Anggota DPRD Saya Punya Kewajiban Moral

Sebagai wakil rakyat kata Yudha, Ia mempunyai kewajiban moral untuk berbagi dengan masyarakat. Apa yang bisa dibantunya sebagai Anggota DPRD akan dilakukan untuk membantu korban kebakaran itu.

“ Hari ini sebenarnya saya ada agenda kunjungan kerja ke luar kota. Memprioritaskan menengok yang terkena musibah adalah kewajiban moral. Tak bisa saya kita bayangkan betapa beratnya musibah ini bagi pak Eno dan ibu Aning,” ujar Yudha.