Diberi Hibah Mobil Oleh Jepang, Bupati Garut: Semoga Bermanfaat bagi Kita Semua

Berita611 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pemerintah Kabupaten Garut diberikan hibah 7 unit mobil oleh Pemerintah Jepang. Diantaranya 3 unit mobil pemadam Kebakaran dan 4 unit mobil ambulans.

Bupati Garut Rudy Gunawan dalam apel gabungan di lapang Setda Garut Senin 27 Februari 2023 mengumumkan pemberian hibah tersebut.

Bupati juga secara simbolis menyerahkan bantuan mobil tersebut kepada Kepala Dinas Pemadam Kabupaten Garut Eded Komara dan Kepala Dinas Kesehatan Garut Maskut Farid.

Bantuan 7 unit mobil dari Jepang itu terdiri dari 4 unit ambulans, 2 unit kendaraan operasional Damkar, dan 1 unit pancar berkapasitas besar.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Menurutnya bantuan ini merupakan bentuk hubungan baik Pemerintah Jepang dengan Pemkab Garut.

“Ini adalah hubungan baik antara Pemerintah Kabupaten Garut dan Jepang, dan Pemerintah Jepang memberikan keyakinan bahwa Garut sebagai daerah yang ada di Jawa barat memerlukan bantuan-bantuan untuk meningkatkan fasilitas di bidang kesehatan dan keamanan untuk Damkar. Terima kasih Pemerintah Jepang, semoga ini bermanfaat bagi kita semua,” ujar Bupati Garut.

baca juga: Difteri Menyerang Kabupaten Garut, Imunisasi Massal Akan Dilakukan Pemkab

Kepala Disdamkar Garut, Eded Komara, menuturkan bantuan hibah 3 unit kendaraan bagi Disdamkar Garut ini akan memperkuat armada Disdamkar Garut.

“Soalnya kita ini melayani pelayanan dasar penanggulangan penyelamatan itu di 42 kecamatan, sementara di daerah itu baru ada 6 pos, yang idealnya itu satu kecamatan satu pos, jadi kita bertahap tahun sekarang kita tambah 2 pos, jadi armada ini bisa ditempatkan di pos-pos, sehingga memudahkan untuk pelayanan, penanggulangan penyelamatan di daerah-daerah,” tutur Eded.

baca juga: Buka Musrenbang Pemuda, Sekda Garut Berpesan Kuasai Teknologi Komunikasi

Ia mengatakan untuk saat ini 3 unit kendaraan dari JFA ini akan ditempatkan di Markas Komando (Mako) Disdamkar Garut yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Namun nantinya, lanjut Eded, kendaraan-kendaraan tadi akan ditempatkan di 2 pos baru yang saat ini sedang dibangun oleh Pemkab Garut, yang berlokasi di Kecamatan Pangatikan dan Singajaya.

Ia mengungkapkan jika idealnya setiap satu kecamatan memiliki satu pos damkar, dan 1 pos itu minimal memiliki 1 unit mobil pancar. Ia berharap, ke depan Pemkab Garut terus mengadakan pengadaan mobil pancar, guna menunjang pelayanan dasar untuk penanggulangan kebakaran dan penyelamatan masyarakat di Kabupaten Garut.

baca juga: Kantor Rusak, Pegawai Korwil Pendidikan Pamulihan Minta Perhatian yang Sama

“Ini dari Jepang itu unit bekas, 2017 kita dapat 4 sekarang kita dapat 3, jadi kalau di Jepang itu kendaraan yang sudah diatas 5 tahun itu dihibahkan ke negara-negara yang membutuhkan,” tandasnya.