Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan, Kandungan Antioksidannya Tinggi

Kesehatan544 Dilihat

Daun Gedi belum begitu populer sebagai tanaman obat, namun siapa sangka rupanya tanaman ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain melancarkan haid, membantu meningkatkan fungsi ginjal, bahkan melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Mengutip dari halodoc, daun gedi diklasifikasikan dengan nama botani Abelmoschus manihot L. Daun gedi dapat dikonsumsi bahkan menjadi menu masakan yang lezat.

Daun gedi ini mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, diantaranya mangan, kalium, asam amino, magnesium, kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

 

Manfaat Daun Gedi

 

Ada beberapa manfaat daun gedi yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya:

1. Melancarkan Haid

Air rebusan daun gedi diklaim bisa membantu melancarkan haid. Sebab dalam air rebusan daun gedi mempunyai sifat yang bisa melancarkan sirkulasi darah.

Maka dari itu banyak wanita yang mengonsumsi air rebusan daun gedi untuk melancarkan haid. Hal itu bertujuan agar darah kotor selama haid bisa keluar dari tubuh.

Selain itu daun gedi juga dinilai bermanfaat bagi ibu yang habis melahirkan atau nifas.

 

2. Meredakan Nyeri

Manfaat lain dari daun gedi adalah meredakan nyeri. Hal itu karena daun gedi mempunyai kandungan senyawa bioaktif yang memiliki efek anti nyeri atau analgesik.

Karena itulah daun gedi juga sering dikonsumsi dalam bentuk jus sebagai obat alternatif dalam mengatasi kondisi kesehatan salah satunya nyeri pada bagian tubuh. Misalnya nyeri akibat keseleo atau terkilir.

 

3. Membantu Tingkatkan Fungsi Ginjal

Selain itu daun gedi juga dinilai bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi ginjal. Hal itu karena ekstrak daun gedi diketahui berkhasiat meningkatkan fungsi ginjal yang disebabkan diabetes.

Manfaat ini juga kabarnya sudah didukung dengan beberapa penelitian ilmiah yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pasien cedera ginjal setelah diberi ekstrak daun gedi.

baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

 

4. Membantu Melawan Radikal Bebas

Kemudian dalam sebuah studi  juga disebutkan bahwa ekstrak etanol yang terkandung di dalam daun gedi mempunyai senyawa  antioksidan yang potensial.

Senyawa inilah yang bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan pada konsentrasi tertentu yang terkandung pada daun gedi juga memiliki potensi sebagai hepatoprotektor. hepatoprotektor sendiri merupakan istilah medis yang merujuk pada zat atau senyawa yang berperan dalam melindungi kesehatan hati atau liver.

baca juga: Manfaat Buah Pepaya untuk Penderita Asam Lambung dan Melancarkan Sistem Pencernaan

 

Demikian sederetan manfaat dari daun gedi untuk kesehatan tubuh. Namun demikian, beberapa manfaat daun gedi memang perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut.