Manfaat Buah Pepaya untuk Penderita Asam Lambung dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Kesehatan249 Dilihat

Buah pepaya diketahui baik jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah yang satu ini baik dijadikan menu sehari-hari bagi penderita asam lambung.

Selain itu buah pepaya juga harganya sangat bersahabat dan tidak menguras isi dompet. Buah pepaya juga mudah ditemukan di mana saja.

Manfaat buah pepaya terutama untuk sistem pencernaan, termasuk juga untuk penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti asam lambung, buah ini sangat baik.

 

Jadi apa saja manfaat buah pepaya untuk asam lambung?

 

Mengutip dari alodokter, Buah pepaya mengandug banyak air dan serat yang sangat bagus untuk melancarkan saluran pencernaan. Buah pepaya sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Kandungan enzim di dalam buah pepaya atau yang dikenal dengan enzim papain dan chymopapain, juga dapat mendukung kesehatan pencernaan, mengatasi perut kembung dan mengurangi peradangan.

Enzim papain pada buah pepaya juga sering ditemukan dalam suplemen untuk pencernaan. Kandungan enzim ini efektif meredakan gejala  heartburn akibat asam lambung.

Selain itu bagi mereka yang menderita asam lambung, biasanya akan merasakan sensasi panas atau terbakar di perut. Nah, enzim papain pada buah pepaya ini bisa menetralkan asam lambung dan meredakan peradangan.

baca juga: Mengolah Lidah Buaya untuk Obat Luka Lambung

Enzim papain juga banyak ditemukan dalam buah pepaya mentah dari pada yang matang. Oleh karena itu agar bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk asam lambung secara maksimal, sebaiknya anda bisa memasak buah pepaya mentah dan menambahkannya ke dalam berbagai masakan atau salad.

baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan, Banyak Sekali

Selain untuk asam lambung, buah pepaya juga sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu karena di dalam pepaya terdapat vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

 

Demikian manfaat buah pepaya untuk penderita asam lambung dan melancarkan sistem pencernaan. Semoga bermanfaat.