Resep Warga Garut untuk Obat Asam Lambung, Dijamin Ampuh dan Bisa Ngopi Enak Lagi

Kesehatan483 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Penyakit asam lambung adalah penyakit yang sudah umum dan banyak dialami oleh banyak orang. Asam lambung secara medis tergolong bukan penyakit berat, namun rasa dan sensasi yang ditimbulkannya begitu berat.

Orang-orang yang merasakan asam lambung biasanya merasakan sensasi berbeda-beda tergantung dari ringan atau beratnya penyakit yang dialami.

Namun pada umumnya ketika asam lambung naik (kambuh), sensasi yang dirasakan adalah jantung berdebar-debar, sesak napas, badan lemas, panas di dada, dan lain sebagainya.

Melansir Alodokter, Penyakit asam lambung atau asam lambung naik adalah kondisi melemahnya otot LES yaitu otot yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Namun ketika otot LES lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Nah ketika asam lambung naik itulah biasnaya akan ada sensasi jantung berdebar-debar, panas di dada, badan lemas dan sesak napas.

 

Resep Warga Garut untuk Obat Asam Lambung

 

Untuk pengobatan sendiri anda bisa secara medis memeriksakan diri ke dokter. Namun bagi anda yang ingin mengobati sendiri secara obat herbal, di sini kami akan memberikan resep yang sudah dilakukan oleh warga Kabupaten Garut dalam mengobati asam lambung.

Resep yang diberikan ini adalah resep dari bahan herbal. Menurut warga Garut ini, resep inilah yang terbaik dalam mengobati asam lambung.

Lantas apa saja obat herbal yang digunakan untuk mengobati asam lambung? berikut ini daftarnya:

  1. Jahe
  2. Kunyit
  3. Kayu manis
  4. serai (sereh)
  5. gula merah (gula aren)

 

Cara Mengolahnya

 

Adapun untuk cara mengolah bahan herbal tersebut, menurut ustadz Fahmi warga Kabupaten Garut yang sudah membuktikan khasiatnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama bersihkan semua bahan herbal tersebut
  2. Siapkan satu batang serai (sereh), kayu manis sebesar telunjuk, kunyit bagian bonggol segenggam, dan sebutir jahe.
  3. Kemudian resbus semua bahan herbal tersebut dengan air putih
  4. Anda bisa menambahkan gula merah (gula aren) jika ingin manis dan menghilangkan rasa pahitnya
  5. Rebus dengan air secukupnya. Untuk air ini misalnya bisa empat gelas kemudian menyisakan dua gelas air
  6. Minum air rebusan bahan herbal tersebut selagi hangat

 

Ustadz Fahmi sendiri sudah merasakan khasiat obat herbal ramuannya itu. Ia mengaku sekarang sudah sembuh dari penyakit asam lambung yang dideritanya itu.

Ustadz Fahmi sendiri, selama 4 bulan rutin mengonsumsi ramuan herbal tersebut secara intensif. Bahkan sampai sekarang pun masih rutin mengonsumsinya.

baca juga: Dua Rumah Diterjang Angin Puting Beliung di Desa Sukamukti, Anggota DPRD Garut Kunjungi Korban

Ustadz Fahmi merasakan sekarang sudah benar-benar sembuh, bahkan Ia sudah bisa minum kopi lagi. Padahal kopi merupakan pantangan utama bagi mereka yang menderita asam lambung.

 

baca juga: Sambut Ramadhan, LKS Al-Hikmah Cabang Ciamis Distribusikan Wakaf Al-Quran dan Santunan Guru Ngaji