Sholat Tarawih di Masjid Agung, Bupati Garut Sampaikan Beberapa Hal Ini

Berita864 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengikuti sholat tarawih di malam pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriah di Masjid Agung Garut, Kecamatan Garut Kota, Rabu malam (22/3/2023).

Sholat tarawih yang dipimpin KH Muhammad Ade Sufina dari ponpes Hidayatul Faizien itu kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dari Ketua DKM Masjid Agung Garut, KH. A. Mimar Hidayatullah.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Garut untuk melaksanakan ibadah Ramadhan dengan khusyuk dan tertib.

“Karena hari ini lebih daripada 4 ribu masjid di Kabupaten Garut melaksanakan tarawih pertama, dan Alhamdulillah tidak ada perbedaan dari ormas manapun dan hari ini kita sama-sama melaksanakan ibadah tarawih pertama di 4 ribu masjid yang ada di seluruh Kabupaten Garut,” ucapnya.

Rudy Gunawan juga berharap, bahwa seluruh umat muslim yang melaksanakan ibadah di bulan Ramadan bisa mendapatkan pahala, dan terus mengikuti apa yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menyebarkan segala kebaikan yang akan didapatkan dalam bulan suci Ramadan.

“Dan tentu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan perintah sebagaimana mungkin nanti akan disampaikan oleh para ulama-ulama Kabupaten Garut yang tersebar di 421 desa dan 21 kelurahan,” katanya.

baca juga: Resep Warga Garut untuk Obat Asam Lambung, Dijamin Ampuh dan Bisa Ngopi Enak Lagi

Rudy Gunawan juga mengatakan, Ia bersama dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut melakukan langkah untuk memakmurkan masjid. Malam sebelumnya, imbuh Rudy, pihaknya juga mengadakan rapat pimpinan daerah serta membuat seruan dengan MUI Kabupaten Garut bahwa masyarakat wajib menghormati orang yang berpuasa dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Selain itu Rudy juga secara khusus mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat, jika masih banyak kekurangan atas kepemimpinannya selama 10 tahun, namun ia menegaskan bahwa Ia akan terus melakukan langkah-langkah untuk membantu masyarakat.

baca juga: Dua Rumah Diterjang Angin Puting Beliung di Desa Sukamukti, Anggota DPRD Garut Kunjungi Korban

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Agung Garut, KH. A. Mimar Hidayatullah, dalam tausiyahnya, mengajak seluruh umat muslim agar mengkhususkan niat untuk menghormati, mengagungkan, dan mencintai dengan sepenuh hati bulan suci Ramadan.

“Hadits menyatakan 5 yang tidak akan ditolak doanya oleh Allah satu di antaranya malam 1 Ramadan; dua, malam 15 Sya’ban (atau) Nisfu Sya’ban; tiga, malam Idul Fitri; empat, malam Idul Adha; lima, malam jumaah, itu kata hadits tidak akan ditolak doanya, termasuk kita sekarang, dalam posisi 1 Ramadan di mana doanya diijabah oleh Allah SWT, Aamiin,” ucapnya.