Manfaat Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

Kesehatan284 Dilihat

Manfaat madu untuk kesehatan begitu besar. Cairan manis yang berasal dari lebah ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Madu juga sudah tercantum dalam Al Quran, dan digambarkan sebagai obat yang menyehatkan. Oleh karena itu bagi Umat Islam, khasiat madu untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Diantara kandungan nutrisi dalam madu yang berkhasiat untuk kesehatan antara lain mengandung vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, serta beberapa senyawa aktif, seperti flavonoid dan asam fenolik.

 

Apa Saja Manfaat Madu untuk Kesehatan?

Berikut ini beberapa manfaat madu bagi kesehatan seperti dikutip dari Alodokter,

 

1. Menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin dalam madu merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Kandugan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan dari aktivitas oksidasi.

Manfaat dari antioksidan yang terkandung di dalam madu ini juga bisa mencegah diabetes, penyakit jantung dan kanker.

 

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh atau daya tahan tubuh. Hal itu karena senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu juga dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh.

Madu juga diketahi berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

 

3. Meredakan batuk

Rasa manis dalam madu bisa memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering. Hal itu bisa membuat rasa gatal di tenggorokan berkurang.

Selain itu antioksidan dalam madu juga bermanfaat meredakan peradangan yang memicu batuk.

Dari beberapa penelitian juga disebutkan bahwa madu bermanfaat sebagai obat batuk alami yang tidak kalah dengan obat batuk medis.

 

4. Mempercepat penyembuhan luka

Madu juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Madu diketahui bisa menyingkirkan jaringan yang mati, membubuh bakteri yang ada pada luka dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

Jenis luka yang bisa disembuhkan oleh madu mulai dari luka bakar, luka lecet dan luka akibat diabetes. Namun madu yang digunakan harus steril.

 

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa madu berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Madu merupakan prebiotik yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

baca juga: Manfaat Buah Pepaya untuk Penderita Asam Lambung dan Melancarkan Sistem Pencernaan

 

6. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien pada madu disinyalir bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa madu bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

baca juga: Mengolah Lidah Buaya untuk Obat Luka Lambung

 

Seperti itulah Manfaat Madu untuk Kesehatan. Cairan manis dari lebah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.