Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong Bilang Begini Soal Program Komunitas Silih Asih, Rehabilitasi Korban Narkoba

Berita, Hukum1072 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Sektor Bayongbong, Biebie Bagja, turut menghadiri pelantikan Ketua Komunitas Silih Asih Kabupaten Garut di Villa Buleud, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Sabtu 2 Desember 2023.

Biebie Bagja mengucapkan selamat atas dilantiknya Ketua Komunitas Silih Asih Kabupaten Garut. Sekaligus Ia juga menyampaikan kegembiraannya atas hadirnya komunitas yang bergerak di bidang sosial tersebut.

Biebie Bagja juga mengapresiasi niat dari Ketua Umum Komunitas Silih Asih, A Hilham Herlansyah, yang akan menghibahkan tanah kepada Pemkab Garut untuk dijadikan tempat rehabilitasi Korban narkoba.

Menanggapi niat tersebut, Biebie Bagja menyebut bahwa Ketum Komunitas Silih Asih, benar-benar serius dalam upaya menangani korban narkoba di Kabupaten Garut.

Pasalnya bukan hal yang mudah bisa menghibahkan tanah di masa sekarang ini. Terlebih lagi ini keperluannya untuk kepentingan masyarakat umum.

Pokdarkamtibmas kata Biebie Bagja, merupakan lembaga yang bergerak di bidang Keamanan dan Ketertiban. Oleh karena itu, Ia pun menyambut gembira program dari Komunitas Silih Asih yang akan membantu pemerintah menangani korban narkoba.

” Narkoba ini adalah musuh bersama yang harus kita lawan. Generasi akan datang harus kita jaga bersama-sama. Saya sangat mengapresiasi dengan kehadiran Komunitas Silih Asih,” ujar Biebie Bagja.

Lebih lanjut Biebie Bagja mengatakan bahwa, tempat rehabilitasi korban narkoba sangat diperlukan. Pasalnya penanganan narkoba juga tidak selalu harus dilakukan dengan penindakan secara hukum, namun ada hal penting yang perlu dilakukan, yaitu rehabilitasi.

Jika melihat latar belakang kenapa pemakai narkoba itu terjerumus, menurutnya bisa saja faktornya karena tidak sengaja, salah bergaul, atau faktor-faktor lain yang disebabkan karena kenakalan remaja.

Banyak pemakai narkoba yang bisa diselamatkan dengan cara direhabilitasi. Terlebih lagi jika pemakainya merupakan remaja yang sebetulnya harus diselamatkan agar generasi akan datang bisa jauh lebih baik.

Hal ini kata Biebie Bagja, tentunya sesuai dengan semangat hadirnya Pokdarkamtibmas yang mengedepankan restorative justice dalam penanganan pelaku kriminal. Artinya, tidak semua pelaku kejahatan itu harus selalu berujung di meja hijau, namun banyak solusi lain dalam menangani pelaku kriminal, termasuk korban narkoba.

” Ketika berbicara pengedar narkoba itu beda lagi yah, tapi jika berbicara pemakai narkoba kan bisa dalam aturannya direhabilitasi. Artinya kita juga menganjurkan jalur yang legal sesuai aturan,” ujarnya.

 

Sementara itu Ketua Umum Komunitas Silih Asih, A Hilham Herlansyah, dalam acara pelantikan Ketua Komunitas Silih Asih Kabupaten Garut, menyatakan siap menghibahkan tanah pribadinya kepada Pemerintah Kabupaten Garut untuk digunakan membangun tempat rehabilitasi korban narkoba.

Hilham Herlansyah menjelaskan, bahwa dirinya tertarik untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Garut untuk membangun tempat rehabilitasi korban narkoba.

Ia menilai bahwa penanganan korban narkoba ini tak harus selalu dikedepankan sisi hukumnya, namun lebih penting juga dilihat dari rehabilitasinya.

Karena tidak sedikit, pemakai narkoba yang jika dipenjara bukannya sembuh melainkan semakin menjadi. Hal itu karena kurangnya dari sisi rehabilitasi atau pengobatannya.

Yang jadi masalahnya, di Kabupaten Garut ini belum punya tempat rehabilitasi korban narkoba. Sehingga penanganan narkoba yang dilakukan oleh ormas atau LSM yang peduli seakan tidak berdampak.

” Pemerintah Kabupaten Garut sendiri juga sepertinya butuh wadah. Ketika sekarang banyak penanganan narkoba yang digiatkan oleh LSM, tapi tempatnya dimana? Rehabilitasi itu tempatnya seperti apa?,” ujar Hilham Herlansyah.

” Nah kami Komunitas Silih Asih yang diberikan mandat kebapda ibu Puri, sebagai ketua komunitas Silih Asih di Garut, saya akan menghibahkan tanah di Kecamatan Cibatu, Desa Cibatu, 32 tumbak, mangga kalau memang itu bermanfaat. Artinya Pemkab Garut bagaimana melaksanakan pembanngunan itu sendiri,” ujarnya.

” Itu tanah saya pribadi 32 tumbak dan bersertifikat di Desa Cibatu, Kampung Pasirjunti, samping SD Cibatu 3. Akan saya hibahkan untuk penanganan narkoba,” tegasnya.

” Asalkan pemerintah juga welcome dong, kami masyarakat peduli, kami komunitas peduli, tapi Pemkab Garut peduli gak” tanya Hilham Herlansyah.

baca juga: Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong Sebut Ketahanan Pangan Harus Jadi Perhatian Semua Pihak

baca juga: Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong Ajak Anak Muda Mengambil Perannya Memajukan Bangsa

baca juga: Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong Puji Ketum Komunitas Silih Asih, Akan Hibahkan Tanah untuk Rehabilitasi Narkoba

baca juga: Dilantik Jadi Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong, Bieby Bagja Akan Sinergi dengan Kepolisian