Dilantik Jadi Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong, Bieby Bagja Akan Sinergi dengan Kepolisian

Hukum183 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – H. Bieby Bagja secara resmi dilantik menjadi Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Bayongbong, Rabu 25 Oktober 2023 di aula Kecamatan Bayongbong. Sejumlah pengurus lain pun juga turut dilantik dalam kesempatan tersebut.

Diantara yang hadir dalam pelantikan ini yaitu perwakilan dari Polres Garut, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut Igie N Rukmana, SKPD terkait, Forkopimcam Bayongbong, sejumlah kades di Bayongbong, Ormas, LBH Balinkras, Paguyuban Wartawan Bayongbong, dan tokoh masyarakat setempat.

” Syukur alhamdulillah saya sangat berterima kasih kepada Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut dan seluruh jajaran yang sudah memilih saya sebagai ketua. Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya,” ujarnya.

Kepada wartawan Bieby Bagja menjelaskan bahwa dirinya akan membangun sinergi dengan pihak Kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Menurutnya membangun koordinasi dengan pihak kepolisian adalah satu langkah agar tercipta keamanan di lingkungan masyarakat.

” Tentunya kami akan bekerja sama dengan pihak kepolisian, selalu bersinergi untuk membangun kemanan dan ketertiban yang baik di lingkungan masyarakat. Membantu kepolisian dalam menjaga keamanan, dengan membina masyarakat yang sadar terhadap keamanan lingkungan,” sebutnya.

Selain itu Ia juga akan secara aktif mengajak masyarakat untuk selalu menghidupkan siskamling, sebagai upaya untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Ia mengingatkan bahwa ronda malam harus selalu diaktifkan di tengah masyarakat, karena berbagai gangguan keamanan kerap terjadi di malam hari.

Selain itu Bieby Bagja juga menjelaskan bahwa kehadiran Pokdarkamtibmas ini adalah untuk membantu agar tidak semua tindakan kriminal selalu lanjut ke meja hijau.

Apabila ada tindakan kriminal ringan di masyarakat, diusahakan bisa selesai dengan kekeluargaan atau musyawarah.

” Kita akan berupaya bahwa setiap kriminal ringan yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan supaya bisa dimusyawarahkan agar tidak selalu masuk ke ranah peradilan,” ujarnya.

Kemudian Bieby Bagja juga berpesan kepada seluruh anggotanya untuk membentuk karakter yang baik di lingkungan masyarakat.

” Membentuk sebuah karakter dan sifat yang baik, tentu saja diperlukan hal hal yang baik. Dimulai pula dari niat kita, pikiran kita, tindakan kita sehari hari akan membentuk karakter itu sendiri,” ujarnya.

” Karakter yang baik akan terbentuk dan akan melahirkan jiwa simpati dan empati terhadap masyarakat banyak. Untuk itu hati-hati dengan niatmu, karena niatmu akan menjadi pikiranmu. Hati-hati dengan pikiranmu karena pikiranmu akan menjadi ucapanmu. Hati-hati dengan ucapanmu karena ucapanmu akan menjadi tindakanmu. Hati-hati dengan tindakanmu karena tindakanmu akan menjadi kebiasaanmu. Hati-hati dengan kebiasaaanmu karena kebiasaanmu akan menjadi karaktermu. Hati-hati dengan karaktermu karena karaktermu akan menjadi sifatmu. Hati-hati dengan sifatmu karena sifatmu yang menjadi kunci keberhasilan cita-citamu,” tutupnya.(**)

baca juga: Siti Mufattahah Anggota Komisi XI DPR RI Menghimbau Masyarakat Untuk Menghindari Pinjaman Untuk Kebutuhan Konsumtif

baca juga: FHKG Sambut Baik Seruan Bupati Garut Kepada Honorer THK2 Tenaga Administrasi

baca juga: Pemkab Garut Kembali Menggelar Gerakan Pangan B2SA Terpadu