Pilkades Serentak di Garut Direncanakan Pada 2023 Mendatang

Berita, Politik1085 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Garut direncanakan pada tahun 2023 mendatang. Pemkab Garut merencanakan pilkades serentak tepatnya pada bulan Mei 2023.

Hal itu terungkap saat acara tahapan pilkades serentak yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut di aula BJB Cabang Garut, Senin 26 Desember 2022.

Kepala DPMD Garut, Wawan Nurdin mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab terhadap keamanan pilkades 2023. Apalagi kata Wawan Nurdin, sekarang ini menghadapi tahun politik.

Tentunya kerawanan politik menghadapi tahun politik akan sangat berpengaruh terhadap pilkades serentak.

“Jadi Alhamdulillah Garut masih bisa ikut (Pilkades) , di mana dalam rangka Pilkades 2023 ini kita sudah masuk ke arena persiapan tahun politik, makanya mungkin Pilkades 2023 ini, kita betul-betul dipertaruhkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan, sehingga audiens itu ya kita diminta pertanggung jawaban bahwa Pilkades ini akan aman,” ujar Wawan Nurdin.

Oleh karena itu lanjut Wawan Nurdin, persiapan tahapan pilkades serentak ini juga untuk meminta masukan dari berbagai pihak terkait. Tujuannya supaya pilkades serentak nanti tidak mendapatkan masalahan berarti.

“Dan permasalahan-permasalahan yang sudah terjadi di 2021 khususnya ini tidak terjadi lagi di 2023, ini berarti menjadi bahan untuk pelajaran kita bagaimana ada masalah-masalah yang terjadi di 2021 ini bisa dihilangkan, bisa tidak terjadi di Pilkades 2023” katanya.

baca juga: Nomor Whatsapp Anggota DPRD Sambas Kena Hack

Di sisi lain, Sekretaris DPMD Garut, Erwin menjelaskan bahwa rapat ini juga merupakanpersiapan pembentukan panitia pilkades serentak tingkat Kabupaten.

Erwin menjelaskan, rencananya jumlah desa yang akan mengikuti pilkades serentak sebanyak 82 desa di 28 kecamatan. Sementara jadwal pilkades direncanakan pada 15 Mei 2023 mendatang.

“Insya Allah berdasarkan arahan dan Insya Allah Keputusan Bupatinya akan segera keluar, itu akan dilaksanakan tanggal 15 Mei 2023,” ujarnya.

baca juga: Mayat Seorang Pria Ditemukan Warga Bayongbong di Sungai

Hal senada juga disampaikan Erwin, menurutnya rapat ini juga untuk meminimalisir permasalahan di pilkades. Apa yang menjadi masalah di pilkades lalu, diharapkan tidak terjadi di tahun 2023.

“(Harapannya) yang pertama bahwa dibentuknya panitia tingkat kabupaten ini semua bekerja sesuai dengan bidang garapan, ada empat bidang dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, kesekretariatan itu bekerja semua dan tidak ada over lap satu jalur-satu jalur semua gitu ya tidak ada (asal jalur), kemudian nanti juga kita bentuk tim penyelesaian perselisihan itu biasanya bekerja pasca Pilkades, tapi mudah-mudahan tim ini tidak bekerja karena (diharapkan) tidak ada permasalahan yang muncul ya,” ujarnya. (*)

baca juga: Bupati Garut Lantik PNS dalam Jabatan Administrasi, Pesannya Tegas

lihat juga: