Pantai Puncak Guha, Indah Mempesona

Terdapat Gua Kelelawar di Bawah Pantainya

Artikel1294 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pantai Puncak Guha, merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Garut. Namanya begitu unik dan membuat siapapun penasaran.

Kendati tidak seramai pantai Santolo, dan Sayang Heulang, namun Pantai Puncak Guha juga cukup terkenal.

Pesona alam di pantai Puncak Guha juga sangat menakjubkan. Siapapun akan terpesona melihatnya.

Terutama bagi orang-orang yang berdomisili di daerah Kota, pasti akan terbayarkan semua rasa penat dan Lelah Ketika berkunjung ke pantai Puncak Guha.

Melansir visitgarut.garutkab.go.id, Pantai Puncak Guha, secara administratif, terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Jaraknya dari pusat ibu kota Garut kurang lebih 110 kilometer. Akses menuju pantai Puncak Guha juga cukup mudah. Untuk menuju ke sana sudah dilalui kendaraan umum dan bisa dengan kendaraan pribadi.

baca juga: Pantai Sayang Heulang, Ada Sasak Rawayan dan Bukit Teletubbies

Pantai Puncak Guha memiliki banyak daya Tarik, antara lain terdapat bukit pantai, panorama laut yang indah, dan hembusan anginnya yang begitu nyaman.

Batas wilayah secara administratif, di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Pekenjeng, Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Caringin, dan sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Mekarmukti.

baca juga: Bukit Teletubbies, Tempat Mempesona di Sayang Heulang Garut

baca juga: Pantai Rancabuaya, Daya Tarik dan Rutenya

Pantai Puncak Guha pada dasarnya merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Guha sendiri merupakan Bahasa Sunda yang artinya Gua.

Kenapa disebut Punca Guha, karena di bawahnya terdapat Gua kelelawar, tepat menghadap ke laut.

Pantai Puncak Guha belum dikelola oleh Pemerintah Daerah melalui Disparbud. Saat ini pengelola Pantai Puncak Guha masih oleh masyarakat setempat.(*)