Pantai Rancabuaya, Daya Tarik dan Rutenya

Artikel530 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai di Kabupaten Garut, yang berlokasi di Kampung Purbayani, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin.

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai yang sudah dikelola secara resmi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, bersama dengan kompepar (kelompok penggerak periwisata).

Pantai Rancabuaya jaraknya dari pusat kota Kabupaten Garut kurang lebih 125 kilometer. Pantai ini dapat ditempuh dari tiga rute utama, antara lain dari jalan raya Cikajang-Pameungpeuk-Caringin atau dari jalan raya Cikajang-Bungbulang-Cringin dan juga dari jalur Pangalengan-Talegong-Caringin.

Melansir visitgarut.garutkab.go.id, pantai Rancabuaya memiliki ketinggian 0-200 mdpl. Suhu rata-rata di pantai ini antara 18°-32° C, denga curah hujan sebesar 1.200 mm/tahun.

Sama halnya dengan pantai lain, di pantai Rancabuaya juga menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Air lautnya tampak biru dan terdapat pemandangan sunset.

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan di bukit yang terdapat di Pantai Rancabuaya, kemudian pasir putih, dan biota laut di sekitar karang pantai.

baca juga: Bukit Teletubbies, Tempat Mempesona di Sayang Heulang Garut

Selain itu di Pantai Rancabuaya juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI). Hal ini memudahkan bagi pengunjung yang hendak belanja ikan laut di sana.

Pantai Rancabuaya juga menyuguhkan banyak resort yang dapat dinikmati fasilitasnya. Sehingga pengunjung tidak akan kesulitan jika berkunjung malam hari di sana.

baca juga: Pantai Sayang Heulang, Ada Sasak Rawayan dan Bukit Teletubbies

Demikian ulasan tentang Pantai Rancabuaya, Daya Tarik dan Rutenya. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi terutama di hari libur.(*)