Pagu Dana Desa Berkurang, Kades Karyamukti Anggap Biasa Saja

Berita444 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Kepala Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Widya Heru Kartika menanggapi soal adanya pengurangan pagu dana desa oleh Menteri Keuangan.

Widya Heru menganggap pengurangan itu hal yang wajar saja terjadi. Menurut Widya Heru, Pemerintah mengurangi atau menambah dana desa tentu dengan pertimbangan tertentu.

“Kalau saya secara pribadi kami ikutin saja karna sudah kebijikan pemerintah tentunya pemerintah menaikan dan menurunkan pagu anggaran dana desa itu masih ada pertimbangan tertentu,” Ujar Widya Heru, Rabu 18 Januari 2023 di kantornya.

Hal itu juga tentunya berkaitan dengan kondisi keuangan negara, Sehingga yang lebih tahu tentang keuangan tentu Pemerintah Pusat.

“Dalam menaikan dan menerunkan pagu anggaran itu pastikan ada indikator-indikator dari masing-masing secara demografi masing-masing desa. Jadi saya pikir naik turunnya pagu anggaran suatu hal yang biasa,”Ungkapnya.

Walaupun perlu diakui, ketika terjadi pengurangan ada rasa kekecewaan atau sebaliknya ketika bertambah maka ada kegembiraan bagi kepala desa. Hal itu sudah biasa menurut Widya Heru.

baca juga: Sudah Masuk DTKS Tapi Belum Dapat Bansos, TKSK Garut Bilang Gini

“Tapi kalau saya pribadi itu saya pikir hal yang wajar karena pemerintah pun dalam mengambil keputusan pasti ada riset atau alasan alasan demi kepentingan bersama,” tegasnya.

baca juga: Pilkades di Desa Cibodas Diharapkan Tidak Batal Lagi

Tinggal bagaimana sekarang ini membahas kembali soal pengurangan atau penambahan tersebut bersama lembaga desa dan masyarakat.

“Kebetulan kami sudah ada rapat koordinasi dengan seluruh jajaran kami dan kelembagaan yang ada di desa Salah satunya adalah masalah penurunan pagu anggaran tapi respon dari lembaga masyarakat kami tidak terlalu reaktip,”Pungkasnya.(atu)

baca juga: TKSK Garut: Harusnya Penerima Bansos Bertambah, dengan Kondisi Kemiskinan Sekarang