Pilkades di Desa Cibodas Diharapkan Tidak Batal Lagi

Berita, Politik858 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan digelar bulan Mei 2023 di Kabupaten Garut. Bahkan Pemerintah Kabupaten Garut juga sudah menyiapkan anggaran untuk pilkades serentak.

Salah satu desa yang direncanakan akan mengikuti pilkades serentak adalah Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang.

Desa Cibodas sendiri sebetulnya mengikuti gelombang sebelumnya. Namun Desa Cibodas gagal mengikuti karena terjadi kisruh yang bekepanjangan dan tidak ada penyelesaian hingga titik akhir.

Tudi Sopian Hamidi, merupakan salah satu tokoh yang muncul dalam pilkades di Desa Cibodas saat itu. Tudi menjadi kuasa bicara dari lima calon kepala desa di Cibodas.

Tudi juga salah satu pihak yang sangat menyesalkan batalnya pilkades untuk Desa Cibodas. Ia pun menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan batalnya Desa Cibodas masuk di pilkades.

Oleh karena itu Tudi tidak ingin kegagalan lalu, terulang kembali di pilkades tahun 2023 sekarang.

Tudi menyampaikan warning kepada panitia pemilihan kepala desa (PPKD) tingkat kabupaten agar berhati-hati dalam menyelenggarakan pemilihan kepala desa sekarang ini. Jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban atas kegagalan pilkades lagi.

Tudi memberikan saran kepada PPKD Tingkat kabupaten untuk bersikap lebih kompak lagi.

” Tarik menarik serta ketidak sejalanan PPKD Kabupaten Garut telah dipertontonkan di hadapan masyarakat saat itu. Ini tidak usah terjadi lagi,” ujar Tudi, Selasa 17 Januari 2023.

“ Kepada siapapun nanti yang mendapat SK sebagai ketua PPKD Kabupaten Garut untuk tidak mengulangi kejadian yang sungguh sangat naif dan di luar ekspektasinya sebagai masyarakat,” tambahnya.

” Kenyataan di hadapan kita saat itu sangat nampak di depan mata manakala kita mengikuti seluruh proses Pilkades sampai benar-benar dinyatakan dihentikan, dengan turunnya SK Bupati malam-malam yang memberhentikan PPKD Desa Cibodas,” lanjut Tudi.

baca juga: IMG Desak Kejati Jabar Selesaikan Dugaan Korupsi BOP dan Reses DPRD Garut 2014-2019

Tudi juga mengharapkan PPKD bisa bekerja lurus dalam menyelenggarakan pilkades.

” Kepala DPMD Garut yang baru hendaknya mawas diri dari sekarang. Untuk tidak mengulangi kejadian miss koordinasi di internal PPKD yang berdampak pada kerugian masyarakat,” tutup Tudi.

baca juga: Jumlah Desa/Kelurahan di Kecamatan Cilawu, Garut

baca juga: Jumlah Desa/Kelurahan di Kecamatan Samarang, Garut

baca juga: Jumlah Desa/Kelurahan di Kecamatan Pasirwangi