Warga Salut dengan Pemdes Sirnagalih Bayongbong, Kades hingga Sekdes Terjun Ukur Tanah

Berita561 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pelayanan yang diberikan Pemerintah Desa Sirnagalih, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, benar-benar luar biasa. Dari mulai Pjs Kades, Sekdes dan juru ukur, mau terjun mengukur tanah, membantu warga yang sebelumnya bersengketa.

H Ujang Slamet, perwakilan warga mengatakan, jarang sekali ada kades mau turun berbarengan dengan perangkat desa mengukur tanah.

” Pak PJS yang merupakan PNS dari kecamatan, pak Aip, kemudian pak Asep Sekdes, dan pak Jajang juru ukur, mereka istilahnya mau apruk-aprukan terjun mengukur tanah. Bahkan saya lihat mereka sampai turun ke jurang demi mendapatkan hasil perhitungan yang tepat,” ujarnya, Rabu 11 Januari 2023.

” Jadi ceritanya kemarin kita meminta agar dilaksanakan pengukuran tanah. Tak disangka pak Kades pjs juga mau ikut terjun kemarin sore. Saya benar-benar salut dan terharu dengan pelayanan yang begitu baik diberikan Pemdes Sirnagalih ini,” tambahnya.

H Ujang mengatakan, biasanya seorang kades dengan kewenangananya bisa saja menginstruksikan perangkat desa untuk mengukur. Namun pjs Kades Sirnagalih bersedia turun langsung ikut mengukur.

baca juga: Pemdes Sirnagalih Diapresiasi, Fasilitasi Musyawarah Sengketa Tanah Warganya

” pak PJS juga turut menarik meteran, beliau membantu mengukur, memberikan support,” ujar H Ujang.

Untuk tanah yang diukur sendiri, sebelumnya memang sempat terjadi sengketa. Tanah waris tersebut sempat terjadi perdebatan alot antar para ahli waris.

Sebelumnya Pemerintah Desa Sirnagalih juga telah memfasilitasi musyawarah di aula desa, memediasi para keluarga untuk berdamai. Sampai pada kahirnya Selasa kemarin, tanah yang disengketakan tersebut sudah diselesaikan secara musyawarah dan diukur.(*)

baca juga: Resep Membuat Burayot Makanan Khas Garut

baca juga: Pindang Ikan Khas Garut, dengan Bumbu Jahe