Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi Akibat Listrik

Artikel321 Dilihat

Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi Akibat Listrik – Kita sering mendengar, di setiap kebakaran rumah penyebabnya adalah korsleting listrik. Terkadang juga kebakaran disebabkan karena lupa mematikan kompor. Dan banyak lagi penyebab lain.

Kebakaran sendiri akan menimbulkan kerugian yang begitu besar. Yang jelas adalah kerugian materi yang ditimbulkannya begitu besar.

Ketika rumah terbakar maka seluruh kenang-kenangan selama perjalanan rumah dibangun akan hilang. Tak terkecuali benda dan dokumen berharga akan hangus.

Belum lagi terkadang, kebakaran juga bisa menimbulkan korban jiwa. Maka dari itu, kebakaran harus dihindari dan diketahui apa penyebabnya dan bagaimana mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran.

Berikut Ini Peyebab Kebakaran yang Ditimbulkan Akibat Korsleting Listrik:

Kabel, Soket atau Perlatan yang Sudah Tua

Listrik menjadi penyebab kebakaran yang sering terjadi (foto pexels)
Kebakaran akibat listrik, banyak yang disebabkan karena soket, kabel ekstensi atau stopkontak yang rusak atau sudah terlalu tua.

Namun sayang, kebanyakan kita kurang menyadarinya. Padahal ini bisa menimbulkan bahaya yang besar.

Perlu diketahui bahwa peralatan listrik yang kabelnya sudah rusak, bisa mengirimkan panas ke berbagai permukaan seperti lantai atau karpet yang mudah terbakar. Inilah kemudian yang akhirnya memicu kebakaran.

baca juga: Jamaludin Warga Tarogong Kaler Rumahnya Rata Akibat Kebakaran, Uang Untuk Rehab Juga Habis

Selain itu hindari melepas steker ground dari kabel, karena bisa menimbulkan kebakaran. Cabang ekstra pada peralatan digunakan untuk menanggulangi kelebihan jumlah daya yang ditarik oleh peralatan.

 

Colokan Kabel yang Terlalu Banyak

 

Colokan listrik yang terlalu banyak pada rol kabel, kontak T atau sejenisnya dapat memicu korsleting listrik di rumah. Ini juga menjadi penyebab yang paling umum.

Karena tumpukan kabel bisa menyebabkan panas berlebihan dari arus listrik yang memicu korsleting listrik.

baca juga: Dorokdok, Makanan Khas Garut dari Kulit Sapi dan Kerbau

Maka dari itu hindari tumpukan colokan yang terlalu banyak jika tidak begitu diperlukan. Lebih baik rapikan dan lepas kabel agar tidak berserakan.

 

Colokan Listrik yang Longgar atau Tidak Rapat

Listrik menjadi penyebab kebakaran yang sering terjadi (foto pexels)

Nah masalah yang satu ini juga jarang disadari oleh masyarakat. Kabel yang longgar atau tidak rapat bisa menimbulkan korsleting listrik yang akhirnya menyebabkan kebakaran.

Colokan yang longgar ini dapat memicu percikan api yang menyebabkan hubungan arus pendek listrik atau disebut korsleting

baca juga: Chocodot Oleh-oleh Khas Garut

Maka dari itu, jika colokan sudah longgar ada baiknya diganti dengan yang baru.

 

Kabel Terkelupas

 

Kabel yang terkelupas atau kabel rusak, juga bisa menjadi penyebab kebakaran atau memicu korsleting listrik.

Kabel terkelupas ini bisa jadi disebabkan karena gigitan tikus, hewan peliharaan atau karena faktor usia yang sudah tua.

Permukaan luar yang sudah terkelupas ini jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kebakaran.

 

Sambungan Kabel yang Tidak Teratur

Listrik menjadi penyebab kebakaran yang sering terjadi (foto pexels)

Biasanya kita memerlukan kabel yang lebih panjang, sehingga solusinya disambung. Nah saat menyambung kabel ini perlu hati-hati, karena jika tidak rapi saat menyolder atau memberi isolator, maka hal itu dapat menyebabkan kebakaran.

 

Kapasitas Kabel Tidak Sesuai Besaran Arus Listrik

 

Kapasitas kabel juga perlu diperhatikan dengan baik. Karen ajika kapasitas kabel tidak sesuai dengan besaran arus listrik yang dihantarkan, hal ini juga dapat memicu arus pendek atau korsleting listrik.

Dengan begitu pastikan gunakan kabel yang sesuai dengan besar arus listrik.

 

 

Demikian Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi Akibat Listrik. Untuk lebih aman, hendaklah berkonsultasi atau menggunakan jasa profesional di bidangnya. Karena masalah listrik biasanya dipahami oleh mereka yang mendalami di bidang tersebut. Tidak semua orang memahami tentang listrik.