MTS Al Mukhtariyah Sabet Juara 2 LKBB dan Juara 1 Danton Pramuka, Tingkat Kabupaten Garut

Pendidikan388 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al Mukhtariyah yang beralamat di Kampung Cinisti, Desa Cinisti, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut borong sejumlah juara pramuka tingkat kabupaten. MTS Al Mukhtariyah mendapatkan juara 2 tingkat kabupaten untuk Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dan juara 1 Danton perempuan.

Moch Tri Teguh Z, S.Pd, Pembina Pramuka MTS Al Mukhtariyah menjelaskan, lomba ini adalah kejuaraan Pramuka Wakil Bupati Cup tingkat kabupaten.

” Kita memperebutkan piala wakil bupati cup. LKBB pakai tongkat juara 2 dan juara 1 untuk Danton yang mengomandoi pasukan perempuan, terbaik se kabupaten,” jelasnya, Sabtu 11 Maret 2023.

Hadiah yang didapatkan dari lomba ini adalah piala wakil bupati, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta.

Ketika ditanya perihal bagaimana pola latihan, Teguh menjelaskan, Ia menerapkan mental juara kepada anak didiknya. Mereka dididik agar tidak kenal lelah dalam berlatih. Maka dari itu mau siang atau pagi, ketika dibutuhkan latihan maka harus siap.

Hal itulah yang menurut Teguh, membuat para anak didiknya berhasil dalam memenangkan lomba Pramuka ini.

Ketua Yayasan Al Mukhtariyah, Toni Ahmad Efendi merasa bangga terhadap prestasi yang diraih anak didiknya ini.

Sebagai Ketua yayasan, Toni memberikan support secara finansial kepada para anak didiknya tersebut. Ia mendukung secara penuh mulai dari latihan hingga perlombaan. Sehingga dengan dukungan finansial dan moril itu membuat anak didiknya semangat dalam meraih prestasi.

Toni mengaku, selama ini pihaknya sangat mendukung terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan anak didiknya. Sehingga bukan hanya dalam kepramukaan, tapi dalam olahraga voli juga anak didiknya kerap menjadi juara umum bertahan selama beberapa tahun.

Toni juga menjelaskan, selama ini pihaknya juga memberikan support terhadap para siswa yang berprestasi. Yayasan pendidikannya sudah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dalam beasiswa.

Setiap tahun, setidaknya ada 10 lulusan Yayasan Al Mukhtariyah yang mendapatkan beasiswa dari perguruan tinggi.

baca juga: KAMMI Garut Protes Jalan Provinsi Rusak, Pasang Banner untuk Gubernur

” Jadi kita membangun sinergi dengan perguruan tinggi. Setiap tahun tidak kurang dari 1- yang masuk beasiswa. Dengan Uniga dan Kebangsaan milik pak Prabowo,” ujarnya.

” Jadi yang kita utamakan di sini adalah pembentukan karakter. Yaitu membangun akhlak, moral, seperti ketaatan, kepatuhan,” jelasnya.

baca juga: Cara Membuat Barcode MyPertamina, Untuk Beli BBM Bersubsidi

Sementara itu Cepi Bukhori, Danton Pramuka MTS Al Mukhtariyah juga merasa bangga sekali atas prestasi yang diraihnya bersama tim.

” Rasanya bangga sekali dan ingin berlomba lagi,” ujar Cepi.

Cepi juga menjelaskan, bahwa selama ini dia bersama tim membangun kebersamaan saat latihan. Jadi antara timnya saling membantu, saling mengingatkan jika ada kesalahan. Sehingga dari kekompakan itulah prestasi ini bisa diraih.