Cara Membuat Barcode MyPertamina, Untuk Beli BBM Bersubsidi

Ekonomi, Nasional421 Dilihat

Cara Membuat Barcode MyPertamina, Untuk Beli BBM Bersubsidi sebetulnya bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus meminta bantuan petugas SPBU. Terkecuali kalau anda memang sama sekali tidak bisa melakukannya silahkan datang ke petugas SPBU.

Atau setidaknya anda harus ketahui apa saja syarat untuk membuat barcode MyPertamina tersebut sebelum anda memutuskan ke SPBU. Oke simak di sini ya!.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini hampir seluruh SPBU sudah menerapkan barcode MyPertamina untuk bisa membeli BBM bersubsidi seperti solar dan Pertalite. Terutama untuk kendaraan roda empat.

Jika anda tidak mempunyai Barcode MyPertamina, anda pasti akan ditolak untuk membeli BBM bersubsidi. Karena menurut petugas SPBU, sistemnya sudah diblokir dan wajib menggunakan barcode.

Nah, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat barcode MyPertamina tersebut.

Pada dasarnya, kendaraan kita itu harus didaftarkan ke aplikasi MyPertamina. Hal itu dimaksudkan Pemerintah untuk membuat sistem distribusi BBM bersubsidi bisa tepat sasaran kepada yang berhak.

Oleh karena itulah Pemerintah sekarang lebih selektif menerapkan subsidi BBM. Atau bisa kita namakan dengan subsidi tertutup. Jadi hanya mereka yang mempunyai barcode lah yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi.

 

Cara Membuat Barcode MyPertamina

 

Untuk membuat barcode MyPertamina, ikuti langkah-langkah berikut ini. ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan. Simak penjelasannya:

 

1. Siapkan Persyaratan

Untuk mendapatkan barcode MyPertamina, anda harus menyiapkan persyaratan untuk bisa mendaftarkan kendaraan di aplikasi MyPertamina.

Persyaratan itu antara lain, foto STNK (depan dan belakang), foto KTP, foto kendaraan (terlihat dari depan dan sisi), kemudian foto nomor polisi kendaraan.

 

2. Kunjungi Website MyPertamina

Setelah semua persyaratan di atas disiapkan, anda bisa mengunjungi website MyPertamina di alamat https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Nah, untuk lebih memudahkan prosesnya, sebaiknya akses di komputer atau laptop.

 

3. Centang Persetujuan dan Tekan “Daftar Sekarang”

Setelah masuk di website MyPertamina, scroll ke bawah sampai ada kotak pencentangan sebagai persetujuan memahami persyaratan. Apabila sudah, anda bisa mendaftar dengan menekan menu ” Daftar sekarang”.

 

4. Isi Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya anda bisa mengisi beberapa data diri dan data kendaraan sesuai dengan yang sudah disiapkan tadi. Kemudian anda harus memastikan bahwa data yang diisi sudah benar. Hal itu untuk memudahkan proses verifikasi.

baca juga: Pengurus DPC PDI Perjuangan Garut Kunjungi Korban Kebakaran di Cikajang dan Cigedug

 

5. Tunggu Konfirmasi

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan, maka anda tinggal menunggu konfirmasi dari Pertamina kurang lebih 7 hari untuk proses pencocokan data.

Konfirmasi yang dikirim MyPertamina itu akan dikirim lewat alamat surel pendaftaran atau bisa juga dicek berkala di pranala di atas.

baca juga: KAMMI Garut Protes Jalan Provinsi Rusak, Pasang Banner untuk Gubernur

 

6. Simpan Barcode

Setelah konfirmasi dikirim MyPertamina, maka anda harus menyimpan dengan baik barcode atau QR code yang diberikan. Barcode itulah yang nanti akan digunakan untuk membeli BBM bersubsidi.

Barcode itu bisa digunakan secara digital dan juga bisa dicetak.

 

Demikian Cara Membuat Barcode MyPertamina, Untuk Beli BBM Bersubsidi. Semoga informasi ini bermanfaat