Manfaat Buah Bit, Si Merah dengan Khasiat yang Besar untuk Kesehatan

Kesehatan322 Dilihat

Buah Bit rupanya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Buah Bit memang sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan karena mengandung beragam nutrisi. Antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Misalnya vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium dan zat besi.

Buah dengan ciri berwarna merah ini dipercaya bisa menjaga tekanan darah hingga menurunkan risiko penyakit kanker.

Untuk diketahui, penamaan buah Bit sendiri sebetulnya hanya sebutan, karena sebetulnya Bit bukanlah jenis buah melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Namun karena bentuknya seperti buah dan warnanya merah, maka sering disebut buah Bit.

Selain kandungan senyawa yang bermanfaat itu, buah Bit juga mengandung rendah lemak dan kalori, tidak mengandug lemak jenuh atau kolesterol dan kaya akan antioksidan.

 

Manfaat Buah Bit

 

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya buah Bit dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Antara lain sebagai berikut:

1. Menurunkan tekanan darah

Buah Bit mengandung nitrat yang tinggi, dimana manfaatnya dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah meski hanya sedikit. Manfaat ini disinyalir berasal dari pigmen merah betalain dan antioksidan di dalam buah tersebut.

 

2. Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam buah Bit juga disinyalir mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk juga ke otak.

Selain itu, buah Bit juga dinilai baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun. Karena itu, buah Bit sangat baik sekali dikonsumsi oleh lansia.

 

3. Mengendalikan kadar gula darah

Buah bit juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena buah Bit mengandung senyawa kimia yang bisa mengendalikan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

Buah Bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang disinyalir bisa mencegah kerusakan sel dan memperbaiki saraf yang rusak pada penderita diabetes.

 

4. Meningkatkan kinerja fisik

Buah Bit jika dikonsumsi dalam bentuk jus, diketahi bisa menambah stamina. Sehingga anda pun akan merasa lebih semangat saat berolahraga.

Manfaat tersebut didukung juga oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kandungan nitrat dalam Bit disinyalir mampu meningkatkan kinerja fisik dan stamina tubuh.

 

5. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Buah Bit juga dinilai mampu mengatasi peradangan dalam tubuh. Caranya konsumsi buah Bit secara rutin. Maka kandugan nutrisi di dalamnya diketahui bisa mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi.

Sebetulnya peradangan sendiri merupakan respons alami tubuh untuk melawan benda asing. Tapi jika berlangsung lama atau kronis bisa menyebabkan kerusakan pembulu darah dan jaringan tubuh.

 

6. Mencegah kanker

Buah Bit juga dipercaya mampu mencegah kanker. Klaim ini berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak buah Bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Efek itu berasal dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit.

baca juga: Resep Warga Garut untuk Obat Asam Lambung, Dijamin Ampuh dan Bisa Ngopi Enak Lagi

 

7. Memelihara kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah Bit juga bermanfaat melancarkan pencernaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa serat bermanfaat untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Kemudian senyawa betaine dalam buah Bit juga bisa mengurangi kembung, mencegah intoleransi makanan, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

baca juga: Penyakit Asam Lambung, Penyebab dan Tanaman Herbal yang Bermanfaat

 

Seperti itulah Manfaat Buah Bit, Si Merah dengan Khasiat yang Besar untuk Kesehatan. Oleh karena itu sangat baik sekali jika buah ini dikonsumsi secara rutin.