LBH Balinkras DPC Garut Diamanatkan Bantu Warga Tidak Mampu

Hukum382 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Ketua Umum LBH Balinkras, DR. Mallau SH MH mengamanatkan kepada Ketua DPC Garut terpilih Dini Agustini SH, SIp untuk membantu warga tidak mampu.

Amanat yang diberikan Mallau tersebut kaitan dengan bantuan penanganan hukum terhadap warga tidak mampu. LBH Balinkras DPC Garut harus hadir di tengah masyarakat.

” Kepada ketua terpilih, karena arahan dari DPP sesuai AD/ART, tetap memberikan bantuan hukum ke masyarakat, mengedepankan masyarakat tidak mampu untuk dibantu,” ujar Mallau, usai pelantikan, Rabu kemarin.

” Dimana program yang dilaksanakan DPP bisa dilaksanakan dengan baik sesuai amanat Undang-undang No 16 tentang bantuan hukum,” tambah Mallau.

Pasalnya UU no 16 tentang bantuan hukum itu memang mengamanatkan, bahwa kehadiran Lembaga Bantuan Hukum, diantaranya hadir untuk membantu warga tidak mampu kaitan penanganan hukum.

” Pesan dan harapan semoga ketua DPC terpilih dimana nantinya beliau bisa melaksanakan tupoksi dari LBH Balinkras untuk membantu masyarakat yang tidak mampu sesuai amanat undang-undang,” tegas Mallau.

Selain itu Mallau juga berpesan agar Ketua DPC terpilih ini untuk meningkatkan kapasitas anggota tentang pemahaman hukum. Ketua DPC Garut mesti membuat program kerja yang rutin untuk meningkatkan kapasitas anggotanya.

baca juga: Domba Garut yang Mendunia, Persilangan Segitiga

Hal yang sama juga disampaikan mantan Ketua DPC Garut yang sekarang menjadi Pembina, Nandang Priatna. Bahwasanya Ketua DPC harus mampu memberikan program berkelanjutan tentang peningkatan kapasitas anggota. Yaitu tentang keilmuan di bidang hukum.

Karena tidak semua anggota memiliki keilmuan mumpuni dalam hukum, khususnya paralegal. Oleh karena itu Ketua DPC mempunyai tanggung jawab utama dalam hal itu.

Sehingga LBH Balinkras DPC Garut ini menurutnya bisa bangkit dan kembali meraih kejayaan yang pernah didapat sebelumnya. Pasalnya DPC Garut pernah dinobatkan sebagai DPC terbaik di Jawa Barat.

baca juga: Umbi Garut Manfaatnya Besar, Berpotensi Menggantikan Tepung Terigu

Selain itu Nandang juga berpesan agar ketua DPC yang baru bisa lebih mengenalkan lagi LBH Balinkras ke masyarakat luas.

” Ke depannya dengan dilantiknya ketua baru, LBH Balinkras di Garut ini bisa dikenal masyarakat banyak, lebih meningkatkan lagi koordinasi dengan masyarakat,” ujar Nandang.

Sementara itu ketua DPC Garut terpilih, Dini Agustini SH SIp juga siap mengadakan program peningkatan kapasitas secara berkelanjutan. Hal ini penting untuk meningkatkan keilmuan seluruh anggota tentang hukum.

Diantaranya kata Dini, Ia akan mengadakan seminar hukum secara rutin dengan menghadirkan pemateri dari para senior di DPP (Dewan Pembina Pusat).

Di samping itu Dini juga mempunyai program peningkatan ekonomi anggota, yaitu dengan mengadakan koperasi simpan pinjam.  Koperasi ini khusus untuk para anggota LBH Balinkras DPC Garut.

” Insyaa Allah program yang akan kita hadirkan ke depan ygan menjadi unggulan membuat kesejahteraan perekonomian khususnya anggota Balinkras dengan koperasi simpan pinjam,” ujarnya.(zey)