Umbi Garut Manfaatnya Besar, Berpotensi Menggantikan Tepung Terigu

Umbi Garut Dapat Menyembuhkan Penyakit Radang di Lambung dan Usus

Artikel, Kesehatan2125 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Umbi Garut Manfaatnya Besar, Berpotensi Menggantikan Tepung Terigu. Umbi Garut (Maranta Arundinacea) merupakan sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi dan dapat dikonsumsi.

Nama lain dari Umbi Garut adalah Irut, larut, jlarut, klarut dan masih banyak lagi nama lainnya di beberapa daerah lain.

Indonesia tentunya mempunyai banyak jenis bahan pangan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Dan Umbi Garut ini juga bisa menjadi cadangan karbohidrat bagi masyarakat.

Umbi Garut juga telah dicanangkan Pemerintah sebagai salah satu komoditas bahan pangan yang diprioritaskan untuk dikembangkan atau dibudidayakan.

Hal itu karena tingginya kandungan karbohidrat di dalam Umbi Garut dan berpotensi sebagai pengganti tepung terigu.

Kandungan karbohidrat yang tinggi di Umbi Garut bisa jadi sumber energi bagi masyarakat. Walaupun kandungan protein di dalamnya cukup rendah. Namun hal itu bisa saja disiasati dengan mengkombinasikan umbi Garut dengan bahan pangan sumber protein.

Jika dibandingkan dengan pati umbi lain, Umbi Garut mempunyai bentuk serat lebih pendek. Hal itu membuat Umbi Garut lebih mudah dicerna tubuh dan cocok untuk makanan bayi.

baca juga: Pantai Santolo, Pilihan Liburan Akhir Tahun di Garut

baca juga: Jurus Pemkab Garut Tekan Inflasi dengan Tanam Panen Cepat

Namun sayang, di Indonesia Umbi Garut belum dibudidayakan secara maksimal. Oleh karena itu perlu memasyarakatkan Umbi Garut agar masyarakat lebih mengenalnya.

 

Ciri-ciri Umbi Garut

 

Umbi Garut bisa tumbuh dalam tanah dengan batang bercabang dengan tinggi batang mencapai 40-1000 cm.

Rimpang dari Umbi Garut berwarna putih, lunak dan berdaging tebal. Kemudian daunnya hampir mirip dengan daun kunyit.

Selain itu bunga dari Umbi Garut bentuknya majemuk berwarna putin yang indah.

Manfaat Umbi Garut

 

Sebagaimana yang telah diulas di awal, Umbi Garut mengandung karbohidrat yang tinggi dan bisa berpotensi sebagai cadangan makanan pengganti tepung terigu.

Dengan potensi tersebut, Umbi Garut sangat baik jika dikembangkan budidayanya oleh Pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, tepung dari Umbi Garut berkualitas tinggi, berukuran halus dan harganya cukup mahal di pasaran.

Bahkan dalam industri makanan, umbi Garut bisa digunakan sebagai pengental, zat penstabil, pengenyal makanan, bumbu, sup, permen, pudding dan es krim.

Karena tekstur tepungnya yang halus, Umbi Garut juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang dalam masa penyembuhan sakit. Karena tepung Umbi Garut mudah dicerna dalam usus.

Bubur Umbi Garut jika dicampur dengan susu juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit radang lambung dan juga di bagian usus.

lihat juga:

Umbi Garut memiliki manfaat yang besar. Umbi Garut juga berpotensi menggantikan tepung terigu karena mengandung karbohidrat yang tinggi

Umbi Garut Manfaatnya Besar, Berpotensi Menggantikan Tepung Terigu