Jeruk Garut, Varietas Unggul Nasional dan Lambang Daerah

Berita658 Dilihat

Jeruk Garut, Varietas Unggul Nasional – Jeruk Garut adalah varietas buah jeruk yang secara resmi sudah ditetapkan sebagai varietas khas Kabupaten Garut.

Mengutip garutkab.go.id, laman resmi Pemerintah Kabupaten Garut, bahwa penetapan itu diperkuat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 760/KPTS.240/6/99 tanggal 22 Juni 1999 tentang Jeruk Garut yang telah ditetapkan sebagai Jeruk Varietas Unggul Nasional dengan nama Jeruk Keprok Garut I.

Dalam SK Menteri Pertanian tersebut, Jeruk Garut merupakan salah satu komoditas pertanian yang perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan kualitas maupun kuantitas produksinya.

Penetapan tersebut diperkuat lagi dengan Perda No. 9 Tahun 1981, yang menyatakan bahwa Jeruk Garut sebagai komponen penyusunan lambang daerah Kabupaten Garut.

Selain itu Jeruk Garut juga mempunyai prospek pengembangan pasar yang tinggi. Jeruk Garut mampu bersaing dengan Jeruk sejenis. Tak hanya di pasar tanah air dengan Jeruk Medan atau Jeruk Pontianak. Jeruk Garut juga mampu bersaing dengan Jeruk Impor.

Selain itu, dilihat dari sisi bisnis, Jeruk Garut juga mempunyai studi kelayakan yang baik. Dalam studi kelayakan pada tahun 1997 menunjukkan bahwa tanaman Jeruk Garut seluas 1 hektar (sekitar 500 pohon) mampu memberikan keuntungan riil pada tahun ke-4 sebesar Rp39.966.000.

 

Daerah Terbaik Menanam Jeruk Garut

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan petani jeruk, pada masa jayanya daerah penghasil Jeruk Garut terbaik adalah daerah Cigadog, Wanaraja yang kini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sucinaraja.

Namun sayang, kejayaan Jeruk Garut menjadi redup ketika daerah tersebut diselimuti abu hasil letusan Gunung Galunggung.

 

baca juga:

Oleh-oleh Garut untuk Liburan Tahun Baru

Disperindag Garut Sebut Kondisi Cuaca Pengaruhi Harga Komoditi Pasar

Ketua Apdesi Cibatu: Pengurangan Dana Desa Dihitung dari Apa?

Pedagang Pasar Guntur Ciawitali Sering jadi Korban Peredaran Uang Palsu

 

Demikian tentang Jeruk Garut, Varietas Unggul Nasional. Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya bagi warga Kabupaten Garut, sudah selayaknya melestarikan budidaya Jeruk Garut