Dinkes Garut Gelar Gebyar Germas di Alun-alun, Wakil Bupati Ikut Senam

Kesehatan158 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Dalam semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut menggelar acara Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Alun-Alun Garut, Minggu (23/08/2023). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, bersama istri, dr. Hani Furdiani Helmi Budiman, dan Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari Rudy Gunawan, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Salah satu momen menarik dalam acara tersebut adalah Senam Germas yang diikuti oleh ratusan warga Garut. Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, bersama istri dan beberapa tokoh masyarakat, bergabung dengan semangat dalam gerakan-gerakan senam untuk kesehatan.

Dalam kesempatan ini, dr. Helmi Budiman menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif masyarakat Kabupaten Garut dalam memperingati HUT ke-78 RI. Gebyar Germas ini menjadi bukti kegembiraan masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan.

Wabup Garut berharap agar semua pihak, termasuk masyarakat, dapat aktif dalam membangun bangsa dan negara, sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing.

“Hari ini kita memberikan sesuatu kepada masyarakat, sebagai apresiasi masyarakat memberikan yang terbaik untuk bangsa (dan) untuk negara, ke depan (semoga) bisa lebih baik,” ujarnya seusai mengikuti Senam Germas.

Kepala Dinkes Garut, dr. Leli Yuliani, menjelaskan bahwa acara Gebyar Germas ini tak hanya menawarkan senam, tetapi juga beragam aktivitas sehat lainnya. Mulai dari konsumsi buah bersama hingga pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan umum, spesialis, Elektrokardiografi (EKG), Ultrasonografi (UKG), laboratorium, pemeriksaan jiwa, hingga pemeriksaan mata, tersedia bagi masyarakat.

BACA JUGA: Baksos Khitanan Masal Sukses Digelar Oleh Komunitas Kita Sehat Bahagia Dan Yayasan LKS Al-Hikmah.

Dr. Leli berharap acara ini bisa membumikan konsep Germas di masyarakat, di mana tujuannya adalah mengenalkan Germas pada masyarakat, dari senam hingga pola makan sehat, dan pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan umum, spesialis, Elektrokardiografi (EKG), Ultrasonografi (UKG), laboratorium, pemeriksaan jiwa, hingga pemeriksaan mata.

“Insya Allah lengkap yah, jadi biar masyarakat yang selama ini mungkin ada kesulitan mengakses pemeriksaan tersebut, bisa mendapatkan dengan mudah di alun-alun ini,” tutur dr. Leli.

Kehadiran masyarakat yang begitu antusias dalam Gebyar Germas ini membuktikan kesadaran masyarakat Garut terhadap pentingnya hidup sehat. Dengan demikian, acara ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan memotivasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat demi mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik.

BACA JUGA: Yayasan Mumtaz Qur’an dan Masjid Al Hikmah Indonesia Menggelar Acara PHBI dengan Tema “Malam Bina Iman dan Taqwa”

“Mudah-mudahan nanti masyarakat tahu akan hal itu, sehingga mereka juga melaksanakan program Germas ini secara bersama-sama,” harapnya.