Bupati Garut Tinjau Proyek Jalan Desa Cikondang-Singatuwuh, Hasilnya Memuaskan

Berita1143 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam kunjungan lapangan hari kedua ke wilayah Garut Selatan, Minggu (13/08/2023), masih mengecek progres pembangunan jalan. Kali ini yang ditinjau adalah jalan penghubung antara Desa Cikondang dengan Kampung Singatuwuh, Desa Jatisari, Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut.

Bupati Gunawan memberikan apresiasi terhadap keberhasilan proyek ini yang telah berjalan baik dengan hanya menggunakan anggaran sebesar 600 juta rupiah. Diperkirakan, dalam dua minggu mendatang, proyek ini akan rampung.

Bupati Gunawan terkesan dengan kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai dari wilayah setempat, yang bahkan dilaksanakan pada malam hari. Proyek ini memiliki dampak penting bagi wilayah Desa Jatisari dan sekitarnya, karena jalan ini merupakan poros kecamatan yang menghubungkan berbagai daerah, termasuk destinasi wisata Gunung PR yang terkenal dengan pemandangan indahnya.

“Pegawainya dari RW-RW di sini ya, dilakukan malam hari, tapi bagus. Ini bagus saya setuju ini bagus. Ini adalah terletak di Desa Jatisari, ini Jalan Singatuwuh ya, ini adalah poros kecamatan yang mau menuju ke Peundeuy, ini juga bisa menuju ke daerah yang ada di Sagara di Kecamatan Cibalong, dan disitu ada Gunung PR yang sangat terkenal pemandangannya bagus ya, ini bagus” papar Rudy.

Dalam upayanya membangun wilayah dengan anggaran terbatas, Bupati Garut menekankan pentingnya produktivitas kerja dan efisiensi anggaran. Ia menegaskan bahwa apresiasi akan diberikan jika proyek berjalan dengan baik, sementara perbaikan dan koreksi akan segera diambil tindakan jika terdapat kendala.

“Karena Garut ke depan itu harus membangun dengan anggaran yang sangat sedikit, ke depan itu memerlukan produktivitas kerja dan efektivitas daripada anggaran, hanya dua itu,” tuturnya.

Camat Cisompet, Fahmi Prayoga, menginformasikan bahwa proyek jalan ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan dibiayai sekitar 600 juta rupiah. Bupati Garut, kata Fahmi, memberikan penilaian positif terhadap pekerjaan jalan yang dilaksanakan oleh penyedia jasa, meskipun ada catatan kecil yang harus diperhatikan.

“Alhamdulillah meskipun memang ada sedikit catatan tapi secara garis besar Pak Bupati merasa puas dengan pekerjaan yang dilaksanakan oleh penyedia jasa,” lanjutnya.

Selama kunjungan, Bupati Garut juga memberikan pesan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisompet untuk mengawasi proyek-proyek jalan di wilayah Kecamatan Cisompet. Fahmi Prayoga juga menjelaskan bahwa Bupati Garut menitipkan pesan mengenai pemeliharaan jalan. Setelah selesai dibangun, jalan harus dalam kondisi kering dan siap untuk digunakan sebelum diresmikan. Ia menekankan pentingnya menjaga kualitas dan keberlangsungan jalan yang baru dibangun.

“Yang kedua berpesan itu juga akan dilakukan atau dilaksanakan pemeliharaan atau menjaga kondisi jalan sebelum nanti selesai itu harus dipastikan betul-betul jalan tersebut sudah siap dipakai,” ujarnya.

Dalam penghujung kunjungannya, Bupati Garut juga mengungkapkan rencana pembangunan jalan lainnya di daerah Hegarmanah menuju Cikapundung. Proyek ini diperkirakan akan dimulai tahun depan untuk memperbaiki aksesibilitas wilayah tersebut.

“Barusan sudah dilaporkan ke Pak Bupati insya Allah tahun depan akan dilakukan pembangunan juga dari Nangorak menuju ke Cikapundung,” tandasnya.

baca juga: Baksos Khitanan Masal Sukses Digelar Oleh Komunitas Kita Sehat Bahagia Dan Yayasan LKS Al-Hikmah.

baca juga: Dinkes Garut Gelar Gebyar Germas di Alun-alun, Wakil Bupati Ikut Senam