Bupati Garut Tinjau Bahan Pokok di Pasar Guntur Ciawitali, Rudy: Bentar Lagi Kita Panen Raya untuk Beras

Berita, Ekonomi545 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau sejumlah bahan pokok di Pasar Guntur Ciawitali Senin 13 Februari 2023. Rudy Gunawan ingin memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok tersebut dalam keadaan stabil.

Diantara bahan pokok yang dicek oleh Rudy Gunawan adalah beras. Dan dari pantauannya itu, Rudy mengatakan bahwa ketersediaan beras memang cenderung sedikit dari biasanya.

Walaupun begitu, menurutnya dalam waktu dekat Kabupaten Garut akan panen raya untuk beras. Jadi hal itu tidak akan menjadi kendala serius di Kabupaten Garut.

“Harga ada kenaikan sedikit lah ya tidak sebagaimana yang signifikat hanya 200 (rupiah), 300 tapi ketika negoisasi harga standar samalah ya,“ ujarnya.

Panen raya itu kata Rudy, kurang lebih dua minggu ke depan. Antara lain daerah Bungbulang, Panawuan (Tarogong Kidul) dan di daerah Cikelet.

Ia juga memaparkan, kondisi harga pangan di Kabupaten Garut saat ini, khususnya menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri adalah harga sayuran akan sedikit turun, akan tetapi untuk harga minyak sendiri mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp 1.000. Sementara, imbuh Rudy, merk Minyak Kita sendiri saat ini tidak tersedia di pasaran, namun terdapat minyak – minyak dari merek lain yang rentang harga nya mulai dari RP 15.000 hingga Rp 16.000 per kg.

baca juga: Kisah Pilu Abah Saman di Garut, Tidak Bisa Berjalan Terus Rumahnya Kebakaran, Legislator Garut Berkunjung

“Tapi stok dalam keadaan cukup minyak di pasar Ciawitali, kadang-kadang stabil termasuk ikan asin dan lain sebagainya stabil, “ pungkasnya.

Di sela-sela peninjauannya Bupati Garut menyempatkan membeli beberapa barang di Pasar Ciawitali, seperti minyak goreng-goreng, ikan asin, rempah-rempah, hingga beras.

baca juga: LKS Irsyadul Amal Salurkan Bantuan Kaki Palsu untuk Difabel