Bukber Sambil Tiup Lilin Camat, Panwaslucam Bayongbong Dapat Pemaparan Soal Pembentukan Badan Adhoc Pilkada

Berita, Politik249 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan News– Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Bayongbong, Kabupaten Garut, mengadakan evalusai tahapan pemilu sekaligus buka bersama (bukber) di RM Muara Sunda jalan Raya Bayongbong, Rabu 20 Maret 2024.

Dalam acara ini diundang pula jajaran Forkopimcam Bayongbong, yaitu Camat, Kapolsek, Danramil. Selain itu tampak pula PKD (pengawas kelurahan desa) se-Kecamatan Bayongbong, dan juga perwakilan Bawaslu Kabupaten Garut.

Yang menariknya, dalam kesempatan itu, tampak pula Pj Bupati Garut Barnas Adjidin yang kebetulan berkunjung untuk mengadakan bukber. Pj Bupati pun menyempatkan memberikan arahannya dalam acara yang digelar Panwaslucam Bayongbong ini.

Dalam kesempatan itu, hadir pula perwakilan Komisioner Bawaslu Kabupaten Garut yang diundang untuk memberikan pemaparan terkait tahapan pembubaran badan adhoc pemilu dan pembentukan badan adhoc pilkada Garut.

Imam Sanusi, Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Kabupaten Garut menjelaskan, antara tahapan pembubaran badan adhoc pemilu sangat mepet waktunya dengan pembentukan badan adhoc pilkada.

Pembubaran badan adhoc pemilu dilaksanakan dua bulan setelah tahapan pemilu selesai, yaitu setelah rekapitulasi pemilu secara nasional ditetapkan di bulan Maret ini.

Sementara tahapan pilkada 2024 Garut akan dimulai pada bulan April. Dan untuk pembentukan badan adhoc penyelenggaran pemilu seperti PPK dan PPS, mutlak harus terbentuk dulu panwaslucam dan PKD.

Sehingga ada dua opsi dalam hal ini, apakah menetapkan badan adhoc yang sudah ada sekarang ataukah dibubarkan dulu sesuai alurnya kemudian direkrut ulang untuk badan adhoc (panwaslucam dan PKD).

Penetapan seperti inipun menurut Imam Sanusi, juga ada aturannya. Yaitu mengacu kepada Peraturan Bawaslu nomor 19 tahun 2017, dimana ada klausul bahwa ketika tahapan pemilu beririsan dengan tahapan pilkada, maka badan adhoc itu bisa saja ditetapkan kembali.

Adapun opsi lainnya adalah mengikuti aturan yang ada bahwa badan adhoc yang ada sekarang dibubarkan dulu sebagaimana alurnya, kemudian membentuk badan adhoc yang baru dengan proses rekrutmen yang disederhanakan prosesnya mengingat waktu yang mepet tersebut.

Untuk itu, pihaknya masih menunggu arahan Bawaslu Provinsi Jabar terkait opsi mana yang akan ditempuh.

Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslucam Bayongbong, Nandang Setiawan menjelaskan, selama tahapan pemilu 2024 ini di Kecamatan Bayongbong berjalan kondusif.

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan pemilu 2024.

” Pada dasarnya kegiatan pemilu 2024 itu sudah berakhir dan khususnya di Bayongbong alhamdulillah segala tahapan telah dilalui sampai 14 Februari kita melaksanakan pemilu. Dan hasilnya di kecamatan Bayongbong berhasil. Dalam artian tidak ada kendala ataupun permasalahan yang tidak kita harapkan,” ujarnya.

” Dan saya juga dari panwaslu Kecamatan Bayongobng mengucapkan terimakasih kepada Forkopimcam yang selama ini memberikan dukungan yang selalu mendampingi dalam kegiatan pemilu 2024 ini. Dan kami ucapkan banyak terima kasih ke rekan kita dalam hal ini PPK, yang begitu tangguh, begitu sigap, sehingga bisa bermitra, bisa bekerja untuk menyukseskan pemilu,” sambungnya.

” Kemudian teman PKD saya ucapkan terima kasih atas segala sepak terjangnya dalam menyukseskan pemilu ini, dan mudah-mudahan apapun yang dikerjakan PKD menjadi amal ibadah,” katanya.

” Dan terakhir semua masyarakat yang ada di Kecamatan Bayongbong saya ucapkan terimaksih atas semua dukungannya sehingga tercipta suasana yang kondusif. Dan kami dari divisi penanganan sengketa dari awal sampai terakhir itu tidak ada yang lapor ataupun dari pihak panwaslu tidak pernah menemukan indikasi atau dugaan pelanggaran pemilu. Berarti masyarakat Bayongbong sudah betul-betul dewasa dalam menyukseskan pemilu,” tutupnya.

Dalam acara bukber ini, bahkan acara juga sempat diselingi dengan tiup lilin, karena Camat Bayongbong Frederico Fernandes memasuki tanggal ulang tahun. Frederico pun sempat meniup lilin di hadapan Pj Bupati Garut.

 

(Jihad Abd M*)

 

Baca Juga :

 

Miris..! Diduga Oknum Istri Kepala Desa Talagasari Kecamatan Banjarwangi Pesta Minuman Keras.

 

TNI-POLRI dan Pemerintah Kabupaten Garut Menggelar Apel Kesiapan Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)

 

SD Plus Ma’arif NU Pasirwangi 1, Membutuhkan Fasilitas Yang Memadai