(Pj) Bupati Garut Barnas Adjidin, Melakukan Peninjauan Langsung Terhadap Progres Pembangunan _flyover_ di Jalan Ibrahim Adjie

Berita202 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News 

Penjabat (Pj) Bupati Garut Barnas Adjidin, Melakukan Peninjauan Langsung Terhadap Progres Pembangunan _flyover_ di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Kamis (4/4/2024).

Barnas menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten Garut untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan yang akan dilalui arus mudik maupun arus balik. Ia menargetkan agar _flyover_ tersebut dapat digunakan pada musim lebaran mendatang.

“Lebaran ini bisa digunakan walaupun belum tuntas, mudah-mudahan dari apa yang nanti akan kita rasakan, yaitu suatu kemacetan ini bisa diurai, walaupun nanti ada perlambatan-perlambatan dalam pelaksanaannya,” ucap Barnas.

Pj Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut agar memprioritaskan pembangunan _flyover_ ini dan memastikan keselamatan pengguna jalan.

“Juga tidak menggangu proyek pekerjaan, mana yang bisa dilakukan, jadi jangan sampai nanti menyita waktu sehingga pada saatnya tidak bisa diselesaikan,” katanya.

Menurut hasil tinjauannya, Barnas menyatakan, sebagian ruas utama jalan telah selesai, namun masih terdapat beberapa bagian yang perlu perbaikan. Ia menginstruksikan Dinas PUPR Garut untuk segera menangani lubang-lubang jalan yang masih ada dalam beberapa hari ke depan.

Terakhir, seiring ditetapkannya cuti lebaran, Barnas berharap masyarakat dapat memanfaatkan waktu libur selama musim lebaran untuk melakukan mudik lebih awal guna menghindari kemacetan.

“Maka program pemerintah memperpanjang waktu libur itu untuk mengurai macet pada saat H-3 sampai dengan Hari Raya Idulfitri, oleh karena itu gunakan waktu tersebut untuk sampai ke tujuan lebih cepat sehingga mengurai kemacetan bagi pekerja-pekerja yang lambat mudik,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Garut membangun jalan layang atau _flyover_ sepanjang 300 meter di Jalan Ibrahim Adjie. Langkah ini diambil untuk menghormati kesepakatan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) terkait wilayah lindung yang tidak boleh diganggu.

“Jalan Ibrahim Adjie itu kita akan menyelesaikan kurang lebih 300 meter lagi jalan layangnya, karena itu ada segmen yang di mana masuk pada kesepakatan kita dengan BKSDA,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Agus Ismail, usai meninjau rencana lokasi _exit_ tol di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (30/01/2024) lalu

Menurut Agis – sapaan Agus Ismail, pembangunan flyover di Jalan Ibrahim Adjie menjadi prioritas dalam program infrastruktur, khususnya di sektor jalan dan jembatan, selain itu program prioritas lainnya yaitu melakukan percepatan mengantisipasi terbangunnya Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap(Getaci)

 

Pewarta:

Dede Mulyana