Banyak Rumah Rusak di Kecamatan Samarang Akibat Gempa

Berita554 Dilihat

GARUT – Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut merupakan salah satu kecamatan yang terdampak cukup berat akibat gempa pada Rabu 1 Februari 2023 lalu.

Ada dua kecamatan di Kabupaten Garut yang paling terdampak, yaitu Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang.

Di Kecamatan Samarang sendiri, dilaporkan banyak rumah yang rusak akibat gempa tersebut.

Camat Samarang Neneng Martiana menyampaikan, pihaknya kembali membuat laporan terkait data terbaru rumah yang rusak akibat gempa.

Sebelumnya kata Neneng, rumah rusak totalnya dilaporkan hanya 45 unit saja. Namun belakangan setelah data terkumpul semua dilaporkan keseluruhan rumah rusak, baik yang berat, sedang dan ringan totalnya 174 unit.

Sebelumnya pihaknya memang mendapatkan kendala dalam pendataan. Ada beberapa kendala yang dirasakan di lapangan dalam pendataan.

Diantaranya akses 12 kampung yang terdampak itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Kemudian terbatasnya sinyal (blank spot).

” Namun besoknya karena geografis dari kecamatan kemudian desa yang terdampak itu sangat luar biasa. Ada 12 kampung yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan roda 4, kemudian juga ada kendala sinyal. Kita tidak bisa melakukan komunikasi dengan RW atau RT,” ujarnya.

baca juga: Forkopimda Garut Data Rumah Rusak Akibat Gempa di Pasirwangi

” Besoknya kita mendapatkan data tambahan, jadi perubahannya bukan ditambahkan tapi memang pelaporannya yang telah dari RT dan RW,” tambahnya.

Neneng berharap ke depan ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk membangun kembali rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut.

” Mudah-mudahan saja pemerintah bisa meringankan dengan membangun lokasi tersebut. Mudah-mudahan saja, namun demikian paling bantuan berupa bantuan yang mungkin tidak akan cukup,” ujarnya. (gilang)

baca juga: Pemkab Garut Tidak Tetapkan Status Tanggap Darurat Pada Gempa yang Terjadi

baca juga: Yudha, Anggota DPRD Garut: Kolaborasi BTT dan dana CSR Perlu Dikerahkan Untuk Penanganan Dampak Gempa