Forkopimda Garut Data Rumah Rusak Akibat Gempa di Pasirwangi

Berita349 Dilihat

GARUT – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, mendata jumlah rumah rusak di Kecamatan Pasirwangi, Kamis 2 Februari 2023.

Pasalnya akibat gempa bumi yang terjadi pada Rabu malam kemarin, dilaporkan banyak rumah rusak di Kecamatan Pasirwangi.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, menjelaskan, gempa bumi yang terjadi Rabu malam kemarin kedalamannya pada 10 km. Dan lokasinya diduga di Kecamatan Pasirwangi.

” Hari ini saya bersama pemerintah daerah di sini ada dari asda 2 pemda Garut, Kepala Dinas Sosial, ada kepala Dinas Perkim ada kepala Dinas PUPR lalu ada Satpol PP bersama bapak Camat, kepala desa dan seluruh Stakeholder terkait kami meninjau langsung efek dari pasca gempa yang tadi malam pukul 22.57 mengguncang Kabupaten Garut,” ujarnya.

” Yang pusatnya 10 km dan tempatnya ada di Kecamatan Pasirwangi. Jadi ini kami ngecek langsung apa yang menjadi dampak dari gempa tadi malam kita melihat langsung ada beberapa rumah yang sekarang lagi diinventarisir oleh tim terpadu oleh pemerintah daerah didukung oleh TNI-POLRI,” lanjutnya.

Pada hari ini pihaknya menerjunkan kurang lebih 350 personel gabungan dari TNI POLRI, ASN dari dinas terkait, dan unsur kecamatan.

Dari pendataan ini, pihaknya akan menentukan langkah selanjutnya. Apa yang harus dilakukan terhadap korban gempa bumi di Kecamatan Pasirwangi ini.

baca juga: Wakil Bupati Garut Turut Hadir di Aksi Bela AL Quran

Selain itu Kapolres juga meminta masyarakat bisa berempati dan tidak menyebarkan informasi bohong terkait gempa.

” Kemudian kami harapkan dukungan dari masyarakat setempat untuk berempati dan tidak menyebarkan berita-berita hoaks yang sekiratanya dapat membuat gaduh Kabupaten Garut,” ujar Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Asda 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Garut, Teti Sarifeni menjelaskan, pihaknya tengah mendata berapa banyak rumah yang rusak ringan, sedang dan berat.

baca juga: Yudha, Anggota DPRD Garut Tak Setuju dengan Pembatasan Usulan di Musrenbang

Untuk saat ini belum bisa dilaporkan secara lengkap berapa total rumah rusak akibat gempa di Pasirwangi.

Pihaknya juga akan menunggu Keputusan Bupati Garut, apakah akan ada penetapan tanggap darurat bencana atau tidak di Kecamatan Pasirwangi ini.