Tim Gabungan Bayongbong Temukan Produk Makanan dan Obat Kadaluwarsa

Berita, Kesehatan986 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com –Tim gabungan pengawasan makanan dan obat Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, melakukan sidak ke sejumlah minimarket, pasar dan apotek.

Kepala Puskesmas Cilimus, Kusyanadi menerangkan, sidak itu dilakukan dua hari mulai 28 Desember sampai 29 Desember 2022.

Tim gabungan ini berbekal dasar dari surat keputusan Bupati Garut tentang pengawasan obat dan makanan menjelang nataru dan juga surat tugas Camat Bayongbong tentang pengawasan obat dan makanan.

Tim gabungan ini terdiri antara lain, UPT Disperindag, UPT Puskesmas, Tim Kecamatan, Polsek dan Koramil.

Tim gabungan pun melakukan sidak ke Pasar Cilimus, Indomart, Alfamarf dan apotek. Dan dari hasil sidak itu kata Kusyanadi, ditemukn produk makanan yang rusak, kadaluwarsa dan ada pula produk makanan rumhan yang belum punya izin PIRT.

baca juga: Cek KTP Online Garut Melalui Website Disdukcapil dan Dukcapil Pusat

” Ternyata masih ditemukan beberapa kemasan pangan yang rusak atau sobek, meskipun belum kadaluwarsa. Kedua beberapa produk dari industri rumahan tidak memiliki PIRT, ditemukan produk jajanan yang kadaluwarsa, produk obat kadaluwarsa dan produk kemasna yang rusak,” ujarnya Kusyanadi Jumat 30 Desember 2022.

Atas temuan itu, tim gabungan sudah melakukan pembinaan agar pihak penjual tidak memperdagangkan produk yang rusak dan kadaluwarsa itu.

baca juga: LBH Balinkras DPC Garut Diamanatkan Bantu Warga Tidak Mampu

” Jadi terkait dengan makanan yang rusak kadaluwarsa sudah dipisahkan supaya tidak dijual oleh toko atau tempat yang melakukan perdagangan tersebut,” ujarnya.(gilang)

 

lihat juga: