Siti Mufattahah Sebut Hilirisasi Produk Turunan Kelapa Sawit Berpotensi Hidupkan UMKM Garut

Ekonomi571 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi., MBA menggelar Sosialisasi & Expo Sawit Baik Indonesia, bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS).

Acara tersebut digelar di Gedung Chandra Kirana Hotel, Kawasan Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin 30 Oktober 2023.

Dalam sosialisasi ini, Siti Mufattahah mengambil sub tema mengenai ” Hilirisasi Produk Turunan Kelapa Sawit untuk Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan”.

Kenapa sosialisasi ini menjadi penting? bukankah Kabupaten Garut bukanlah penghasil kelapa sawit? Siti Mufattahah mengetahui bahwa Kabupaten Garut bukanlah daerah penghasil kelapa sawit yang besar seperti Sumatera atau Kalimantan. Namun Siti membaca potensi hilirisasi dari produk turunan kelapa sawit.

Menurutnya hilirisasi produk turunan kelapa sawit ini berpotensi dikembangkan di daerah Kabupaten Garut. Hal itu bisa menghidupkan UMKM di Kabupaten Garut.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hilirisasi ini merupakan program Pemerintah Pusat. Pemerintah berharap dengan hilirisasi, maka komoditas utama di Indonesia bisa dikembangkan industrialisasinya di negeri sendiri sehingga lebih besar memberikan efek ekonomi bagi masyarakat.

” Kebetulan kita (di Garut) bukan penghasil sawit secara maksimum gitunya tidak seperti di daerah Sumatera banyak kebun sawit di sana. Maka kenapa saya mengadakan disini, ini karena saya melihat potensi masyarakat tentang semangat dalam membuat sebuah usaha pengelolaan bersama dengan kelompok-kelompok ini banyak sekali UMKM-UMKM di Garut yah menjadikan inspirasi buat saya apakah memungkinkan produk dari sawit itu yang turunannya bisa dikelola juga di Garut, ” Ujar Siti Mufattahah.

” Harapanya masyarakat lebih banyak diberdayakan untuk mengembangkan usaha dengan alternatif sawit dan sepertinya menarik kita kembangkan karena produknya bukan hanya minyak goreng tapi bentuknya adalah produk-produk turunan seperti kosmetik, sabu, lilin dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Dalam sosialisasi ini, Siti bahkan menggandeng langsung mitra kerjanya yaitu Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS) agar masyarakat Garut bisa lebih memahami mengenai produk turunan kelapa sawit.

“Kami mendukung penuh kegiatan ini guna menguatkan pemahaman para peserta kegiatan dalam melakukan promosi tentang aspek-aspek positif dari kelapa sawit itu sendiri,” jelasnya.

Diharapkan para peserta ini bisa mengetahui lebih luas mengenai kelapa sawit dan produk turunannya, sehingga ke depan diharapkan benar-benar diaplikasikan di Kabupaten Garut.

” Ini salah satu kegiatan perdana saya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sawit, bahwa sawit ini produk komoditi terbaik yang perlu dilestarikan kemudian digunakan, dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi yang lebih baik kedepanya, ” Jelasnya.(Bur)

baca juga: Siti Mufattahah Bersama LPS Edukasi Warga Garut Soal Literasi Keuangan

 

baca juga: Kades Panembong Evaluasi Kinerja Perangkat Desa

baca juga: Danramil Bayongbong Ajak Kalangan Muda Mencintai NKRI dan Mempunyai Jiwa Kepahlawanan

baca juga:Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong Ajak Anak Muda Mengambil Perannya Memajukan Bangsa

baca juga: Event Halloween di Aplikasi Joy Domino: Tawaran Menarik dan Keseruan Kemenangan

baca juga: Rezeki Nomplok di Aplikasi Joy Domino, Jackpotnya Sampai 45B

baca juga: UKM Jurnalistik STAIM Garut Terima Materi Bijak Bersosmed dari Diskominfo Dan Pimred Sinarpriangan

baca juga: Yayasan RSP Bersama Relawan Kesehatan Peduli (RKP)Menggelar Bhakti Sosial Pengobatan Gratis