Semua SD di Kecamatan Cigedug Kompak Bersihkan Sampah Secara Serentak

Berita, Sosial1441 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Seluruh Sekolah Dasar  (SD) di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, tampak kompak membersihkan sampah secara serentak, Selasa 21 Februari 2023.

Kegiatan ini rupanya dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah, yang digagas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Cigedug, bersama Korwil Pendidikan dan K2S SD.

Kegiatan ini dimulai pada jam 08.00 wib di seluruh SD. Mulai dari siswa dan guru terjun di lingkungan masing-masing membersihkan sampah.

Ketua PGRI Kecamatan Cigedug, Tedi Kusmayadi mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan secara sepontan mengiringi Webinar Hari Peduli Sampah para Kepala Sekolah bersama Bupati Garut yang mengusung thema Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat.

“Alhamdulillah, bersama Forkompim Kecamatan Cigedug yang mendampingi kami para guru dan siswa, kami membersihkan sampah di jalan maupun di dalam lingkungan sekolah. Untuk kelas bawah, difokuskan pembersihan sampah di dalam kelas dan lingkungan dalam sekolah. Sedangkan kelas atas membersihkan sampah di jalan sekitar lingkungan sekolah”, ujar tedi.

baca juga: Kemenkop UKM Bantu Pelaku Usaha di Garut, Gerakkan Ekosistem Antar Pelaku Usaha dan Lembaga Pembiayaan

Tedi juga mengungkapkan bahwa hasil sampah yang dibersihkan para siswa dan guru dikumpulkan di masing-masing sekolah, dipisahkan sampah basah dan kering, organik dan non organik kemudian sampah yang non organik dibakar.

Sementara itu, Ketua K2S Kecamatan Cigedug, Munir, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan hari peduli sampah merupakan bagian dari pembelajaran lingkungan hidup dalam rangka penguatan nilai-nilai profil pelajar pancasila.

baca juga: Merasa Dibodohi Soal BPJS Kesehatan, Warga Garut Ini Akan Lapor ke Polres Garut

” Meskipun kegiatannya mendadak, tetapi alhamdulillah berjalan lancar dan semua sekolah melaksanakannya,” ujarnya.

Munir juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Forkompim dengan keterlibatan para kasi kecamatan, Babinsa dan Bhabinjamtibmas yang mendampingi kegiatan pembersihan sampah di tiap sekolah.

baca juga: Wabup Garut: Sebelum Menikah Wanita Harus Disiapkan Agar Anaknya Tidak Stunting