PKBM Se Kecamatan Pakenjeng Akan Tingkatkan Kualitas Dan Kuantitas

Artikel, Pendidikan320 Dilihat

Garut,Sinarpriangan.Com

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berada di Kecamtan Pakenjeng, Akan meningkatkan Kualitas dan Kuantitas. Rabu 2 Agustus 2023

Pentingnya Peningkatan Kualitas dan Kuantitas PKBM akan Mempengaruhi Peningkatannya Indeks Pembangunan Manusia(IPM) karena
PKBM merupakan salah satu pusat pembelajaran bagi masyarakat selain pendidikan formal seperti sekolah, PKBM juga dapat menjadi pusat kegiatan belajar karena di PKBM tidak mengenal batasan usia untuk terus belajar sehingga yang dulunya berhenti sekolah/belajar atau putus sekolah, kini bisa ikut melanjutkan di PKBM, Untuk mengejar yang ketinggalan.

PKBM sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui program-program pendidikan Nonformal. Khususnya PKBM di Pakenjeng dan Umumnya di Kabupaten Garut diharapkan mampu menumbuhkan masyarakat belajar (learning society) sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kemandirian, keberdaya-didikan, dan inovatif dalam mencari berbagai informasi baru dalam rangka meningkatkan kehidupannya.

Ketua Rayon Pakenjeng Riki dan Wakil Ketua Forum Kabupaten Garut H Jana Ali Sadikin SH, Mengapresiasi Kepada seluruh Pengurus PKBM yang ada di Pakenjeng yang turut Hadir dalam undangannya, yang mana udah membagi waktu untuk Bersilaturahmi antar lembaga PKBM di kediamannya Kp Nagrak Desa Pasir Langu Kecamatan Pakenjeng.

Selain dari silaturahmi, H jana dan Riki Juga memberikan arahan dan masukan fositif, untuk berlangsungnya peningkatan Kualitas dan Kuantitas di Lembaga PKBM itu sendiri.

” tugas pengelola PKBM terdiri dari lima yakni, mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat,

Merencanakan pelaksanaan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Membina pelaksanaan program.

Melakukan penilaian terhadap program yang berjalan, dan Melaporkan pelaksanaan program kepada pejabat terkait ” Tutur Riki dan H Jana Ali Sadikin saat memberikan Arahan Dan Masukan Kepada Seluruh Pengurus atau pengelola PKBM se Kecamatan Pakenjeng.