Petani Garut Ikuti Bimtek Akselerasi Ekspor Produk Pertanian

Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bandung Berikan Materi Mejnaga Kualitas Produk dari Hama

Berita287 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Dalam meningkatkan Kualitas dan kuatintas ekspor produk pertanian, Pemerintah Pusat memberikan dukungan terhadap Kabupaetn Garut berupa bimbingan teknis (bimtek), Akselerasi Produk Pertanian, Minggu 12 Februari 2023 di Hotel Harmoni jalan Cipanas baru, Tarogong Kaler.

Dalam acara Bimtek tersebut dihadiri Oleh Puluhan Peserta dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Garut, dari mulai Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Samarang, Leles, Sukawening, Karangpawitan hingga Pakenjeng dan ada dari beberapa Kecamatan lain yang turut serta menjadi Peserta Bimtek Akselerasi ekspor produk pertanian.

Pengatur acara, memberikan sambutannya kepada seluruh peserta dan kepada, Narasumber sang pemberi materi.

Sebelum Narasumber memberikan Materinya, pengatur acara memberikan kesempatan dahulu kepada H Hoerudin Amin S.Ag.M.H Anggota DPR RI Komisi IV dari fraksi PAN, untuk meberikan sambutannya.

H Hoerudin pun memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta Bimtek akselerasi ekspor produk pertanian.  Peserta pun tampak antusias mengkuti bimtek tersebut.

Dilanjut kemudian arahan dari Dinas Pertanian yang diwakili Dati Widiati S.pt Kepala Bidang Pengembangan, sebagai Pemateri pertama yang menyampaikan materi pokok tentang akselerasi ekspor produk pertanian.

“Adanya Dinas Pertanian,tujuannya untuk meningkatkan produktifitas dan produksi, kalau produktifitas itu peningkatan persatuan lahan pertanian,” ujar Dati.

Setelah itu pemberian materi dilanjut oleh narasumber berikutnya yaitu Ahmad Rijal Nasution, Kepala Stasiun Karantina Pertanian, dan Ir Dadang.

” Sebagian daripada tugas Karantina pertanian, ialah, Mencegah masuknya dan penyebaran hama. Kami akan siap membantu apabila dibutuhkan. Dan Kita jangan menjadi penonton dan pendengar. Kita harus bisa menjadi pemain,” ujar Ahmad Rijal Nasution.

baca juga: Kisah Pilu Abah Saman di Garut, Tidak Bisa Berjalan Terus Rumahnya Kebakaran, Legislator Garut Berkunjung

“Kementerian ingin meningkatkan ekspor dan menargetkan sedikit impor. Pemerintah tidak akan mempersulit dan kami akan siap membantu, untuk bisa mengekspor produk pertanian,” lanjut Ir Dadang.

baca juga: LKS Irsyadul Amal Salurkan Bantuan Kaki Palsu untuk Difabel

Pada sesi terakhir, setelah bimtek selesai, semua narasumber pun foto bersama dega seluruh peserta bimtek akselerasi ekspor produk pertanian. Setelah itu acara pun ditutup.(ivey)