Penjabat Bupati Garut Ajak ASN Pertahankan Semangat Beribadah Pasca Bulan Ramadan

Berita64 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News 

Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menegaskan pentingnya semangat dalam menjalankan tugas, sebagaimana semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Ia mengajak para ASN di lingkungan Pemkab Garut untuk bekerja dengan ikhlas, agar segala sesuatu yang dilakukan tidak terasa berat.

Hal tersebut diungkapkan Barnas saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bi Halal Tingkat Kabupaten Garut Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, di Gedung Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (16/04/2024).

“Tentu dengan bulan Ramadan kita banyak menggunakan rem sehingga tidak bablas (dan) terkendali, mudah-mudahan tidak hanya bulan Ramadan saja, bulan-bulan selanjutnya kita juga bisa menciptakan sebagaimana kita melaksanakan ibadah di bulan Ramadan,” ujar Barnas.

Barnas berharap semangat dan keikhlasan ini dapat menciptakan iklim kondusif bagi semua pihak untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Garut.

“Sehingga apa yang menjadi tantangan, permasalahan, dan hambatan yang terjadi di masyarakat, dapat kita selesaikan secara baik, mudah-mudahan apa yang kita lakukan betul-betul bermanfaat, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandasnya.

Di bagian lain, Barnas Adjidin menyampaikan pentingnya tradisi Halal Bi Halal sebagai penanda berakhirnya bulan Ramadan. Ia menyoroti nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya, termasuk mengurai kekusutan, membersihkan kekeruhan, dan saling memaafkan kesalahan. Menurutnya, acara ini bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kebersamaan di antara masyarakat Garut.

Oleh karena itu, Barnas berharap melalui kegiatan ini, ASN di Lingkungan Pemkab memiliki semangat dalam menjalankan tugas, sebagaimana semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Sebagai penutup, Barnas Adjidin mengungkapkan harapannya bahwa apa yang dilakukan oleh Pemkab Garut dapat benar-benar bermanfaat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ia menegaskan komitmen untuk terus bekerja keras demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Garut.

Kegiatan halal bi halal ini menghadirkan penceramah Drs. KH. Deden Abdul Hakim, Pengasuh Ponpes Sukaraja Karangpawitan, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut, Sri Kartika Barnas Adjidin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut, Lina Nurdin Yana, para asisten, staf ahli, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hingga pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

Pewarta:

Husni Mubarok