Pencari Kerja di Garut Tercatat Belasan Ribu Orang

Berita, Ekonomi523 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pencari Kerja di Kabupaten Garut sekarang ini tercatat belasan ribu orang. Hal itu berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut.

Menurut data Disnakertrans, tercatat kurang lebih 16.000 orang pencari kerja di Kabupaten Garut sekarang ini.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Garut Erna Sugiharti mengatakan dengan adanya mini Job Fair yang digelar Pemkab Garut sekarang ini, jumlah tersebut bisa saja berkurang.

“Allhamdulillah hari ini seribu kita penyerapan tenaga kerja. Untuk hari ini saja, belum hari – hari yang lalu,” kata Erna pada hari Kamis (29/12).

Di samping itu Erna juga mengungkapkan angka pengangguran di Kabupaten Garut mengalami penurunan sejak tahun 2021. Penurunannya sekitar 1,3 persen dari tahun sebelumnya.

“Angka pengangguran 2021 itu 8 koma sekian. Tapi, kita sudah turun di 2021, 2020 kan 8 koma sekian, sekarang sudah turun 7 koma sekian. Berarti, dengan adanya Gerakan Tenaga Kerja Berkaya ini kita bisa menurunkan 1,3 persen,” katanya.

baca juga: Dinas PUPR Garut Lakukan Penilaian Rencana Tata Ruang

Di sisi lain menurut Erna dengan masa pandemi tahun lalu, industri di Kabupaten Garut tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di sejumlah perusahaan.

“Karena, memang industri yang ada hari ini, khususnya Changsin dan Pratama mereka itu dulu, pada saat (industri) Vietnam ditutup, jadi ordernya itu masuk ke Garut. Jadi, Allhamdulillah 2 kali lipat,” katanya.

Kendati demikian Erna mengingatkan untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Garut, tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah daerah saja. Kerja ini harus dilakukan secara kolaborasi menggunakan unsur pentahelix.

“Allhamdulillah dengan adanya pentahelix, mempercepat penurunan angka pengangguran,” katanya.

“Ini kita tinggal mengkampanyekan saja gitu, ini dibantu juga dari media, karena nanti kita sudah terintegrasi dengan Siap Kerja dari Kemnaker. Jadi, semakin banyak informasi lowongan pekerjaan,” katanya.(*)

baca juga: Warga Bayongbong Heboh Temukan Hewan Mirip Koala