Pemkab Garut Terima Peta Bencana dari BMKG Provinsi Jawa Barat

Berita526 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pemerintah Kabupaten Garut menerima Peta Bencana dan Buku Hasil Survei Pemetaan Tsunami di Wilayah Garut dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Provinsi Jawa Barat.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang menerima langsung peta bencana tersebut dari Kepala BMKG Provinsi Jawa Barat, Teguh Rahayu, di Kantor Bupati Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (03/04/3023).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, penerimaan peta ini bertujuan agar disosialisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Garut ke seluruh daerah yang rawan terjadi bencana tsunami di Kabupaten Garut.

“Kami hari ini kedatangan Ibu Ayu Kepala BMKG Provinsi Jawa Barat, memberikan peta ini untuk disosialisasikan di seluruh daerah yang mungkin terkena tsunami, karena bencana ini adalah sesuatu yang mungkin terjadi dan pasti terjadi, tetapi kapannya tidak tahu,” ucapnya.

Rudy mengatakan bahwa dengan adanya peta bencana ini merupakan salah satu mitigasi bencana yang dilakukan oleh Pemkab Garut, di mana dengan data yang diberikan oleh BMKG Provinsi Jawa Barat ini pihaknya dapat melakukan edukasi terkait cara mengatasi masalah yang berhubungan dengan kebencanaan, terutama tsunami di Garut bagian selatan.

Kepala BMKG Provinsi Jawa Barat, Teguh Rahayu, menuturkan, kunjungannya kali ini dalam rangka audiensi untuk menyampaikan potensi gempa bumi dan tsunami yang terjadi di wilayah selatan Jawa Barat, yang akan berdampak ke wilayah Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu Pemerintah Kabupaten Garut untuk melakukan mitigasi gempa bumi dan tsunami,” ucapnya.

baca juga: Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan, Kandungan Antioksidannya Tinggi

Beberapa titik yang menjadi penekanan mitigasi bencana tsunami di Garut bagian selatan itu di antaranya Pantai Cibuhung, Pantai Citangguluk, Pantai Cicalengka, Pantai Papandayan, Pantai Cipeuti, dan Taman Manalusu.

baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung