Pemkab Garut Mulai Salurkan Bantuan Beras

Ekonomi, Sosial351 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai menyalurkan bantuan beras kepada kurang lebih 283.562 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Garut.

Dimana bantuan ini tiap keluarga penerima manfaat menerima 10 kg. Dan ditargetkan penyaluran bantuan beras ini bisa tuntas seluruhnya pada tanggal 19 April 2023 nanti.

“Dan ini di Garut kinerja kita bersinergi untuk menyelesaikan amanah Bapak Presiden, yaitu menyalurkan 10 kilogram beras Bulog yang berkualitas medium, (dan) tadi dicek sangat bagus terima kasih Bulog, dan juga Kantor Pos profesional mendata by name by address, sehingga tidak akan ada yang terlewat, tidak akan ada yang merasa yang berhak tidak mendapatkan haknya,” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat launching penyaluran beras bantuan dari pemerintah pusat  di Kantor Desa Sukabakti, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (11/04/2023).

Pemimpin Wilayah Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat, Muhammad Attar Rizal, mengapresiasi support dari Bupati Garut untuk penyaluran bantuan beras dari pemerintah pusat ini. Terlebih, ia juga melihat animo masyarakat sangat antusias untuk mengambil bantuan beras ini.

Attar memaparkan, khusus untuk di Kabupaten Garut, guna memenuhi persediaan beras untu bantuan pangan ini, pihaknya menyiapkan beras sekitar 2.853 ton.

“Tentunya kami dalam rangka meringankan beban pengeluaran masyarakat, terutama yang sudah terdata di KPMnya, bahwa menjelang hari raya ini tentunya kebutuhan sangat mendesak, tentunya dengan harga-harga tinggi, (dan bantuan ini) bisa membantu masyarakat mendapatkan pangan murah khususnya beras dengan kualitas yang baik,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pos Kabupaten Garut, Depi Darpian, menuturkan, pada pelaksanaan pendistribusian beras ini, pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak desa atau kelurahan, sebagai lokasi tempat penyaluran bantuan ini. Hal ini juga dilakukan dalam rangka mendekatkan diri antara PT. Pos dengan masyarakat.

“Untuk operator sendiri kita bekerja sama dengan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), para pendamping PKH, dan PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) yang ada di tiap desa,” tutur Depi.

Salah seorang warga Desa Sukabakti penerima bantuan beras 10 kilogram, Ratna (42), mengungkapkan rasa syukurnya bisa mendapatkan bantuan ini, karena menurutnya, bantuan ini bisa meringankan beban keluarganya. Terlebih, imbuhnya, saat ini harga beras di pasaran lumayan mahal.

“Alhamdulillah (bantuan ini) sangat membantu sekali. Alhamdulillah iya, dan terima kasih sama Bapak Jokowi sudah memberi bantuan kepada masyarakat atas bantuan berasnya, mudah-mudahan ini menjadi berkah buat masyarakat,” tandasnya.

baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

Di Desa Sukabakti sendiri ada sekitar 441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan mendapatkan beras 10 kilogram dari pemerintah pusat ini, dan rencananya penyalurannya akan diselesaikan langsung pada hari ini, Selasa (11/04/2023).

baca juga: Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan, Kandungan Antioksidannya Tinggi