Kurangi Efek Pemanasan Global,PEMKAB Garut kembangkan Agroforestry Bersama Perusahaan, Pemerhati Lingkungan dan Masyarakat.

Sinergisitas Multipihak dalam Pemanasan Global melalui Penanaman Pohon dan Pengembangan Agroforestri

Berita956 Dilihat

(Garut) sinarpriangan.com – Salah satu upaya untuk mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim adalah dengan melakukan kegiatan penananaman pohon untuk meningkatkan luasan dan kualitas tutupan lahan. Pemerintah Kabupaten Garut menyadari hal ini dan terus berusaha meningkatkan tutupan lahan yang akan juga dapat meningkatkan  kontribusi bagi indeks lingkungan hidup Kabupaten Garut. Namun di sisi lain pemerintah tentu memiliki keterbatasan sehingga perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Garut mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh LSM Lingkungan LIBAS bekerjasama dengan Perum Perhutani, PT Raffles Pacific Harvet dan masyarakat.

 

Demikian pernyataan Kadis Lingkungan Hidup, Jujun Juansyah Nurhakim dalam sambutannya mewakili Bupati Garut dalam Program Sinergisitas Pemerintah, Perusahaan, LSM dan Masyarakat melalui Penanaman Pohon dan Pengembangan Agroforestri di di wilayah Perum Perhutani Petak 20, Desa Sukawangi, Tarogong Kaler, Garut Sabtu (18/03).

 

Lebih lanjut beliau menghimbau agar masyarakat yang berpartisipasi dengan didampingi  dalam kegiatan penanaman pohon ini juga dapat bersama sama merawat dan menjaga pohon yang ditanam sehingga dapat tumbuh dengan baik dan dapat memberi nilai tambah secara ekonomi.

Baca Jug :

Mantan Bupati Garut Agus Supriadi Dapat Dukungan Warga Maju di Pilkada

Senada dengan itu Asisten Perhutani (Asper) BKPH Garut, Nemah mengapresiasi kegiatan ini. Salah seorang srikandi Perhutani ini menyatakan bahwa dengan menanam 1 pohon bisa memberikan tambahan okisgen untuk 3- 4 orang dan Perhutani secara aktif melakukan kegiatan penanaman pohon serta mengapresiasi atas dukungan para pihak dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas LH Garut sedang melakukan penanaman pohon didampingi Kabid Dinas LH Garut

Baca Juga :

Pengurus DPC PDI Perjuangan Garut Kunjungi Korban Rumah Roboh di Desa Banjarsari

Hilman Fathurohman, Humas PT Raffles Pacific Harvest yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan dukungan dari perusahaan merupakan bagian dari upaya tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (corporate social responsibility). Harapannya kerjasama sinergis ini menjadi awal dari kerjasama multipihak dalam pemberdayaan masyarakat dan upaya positif bagi lingkungan.