Kopi Garut, Banyak Diburu Karena Rasanya yang Khas

Artikel295 Dilihat

Kopi Garut Banyak Diburu Karena Rasanya yang Khas. Ada yang karena jenis atau varietasnya memang berbeda dengan varietas kopi lain, ada pula yang membedakannya karena cara pengolahannya.

Kopi Garut juga dikatakan salah satu kopi terbaik, karena faktor alam di Kabupaten Garut yang memang mendukung untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Karena kualitasnya yang baik itu, kopi Garut banyak digunakan di kafe-kafe ternama dan menjadi menu minuman utama.

 

Jenis Kopi Garut

1. Kopi kuning

 

Kabupaten Garut juga terkenal dengan jenis kopi kuning, yaitu Yellow Bourboun dan Yellow Caturra. Namun yang paling banyak dibudidayakan di Kabupaten Garut adalah jenis Yellow Caturra.

Kopi Kuning ini banyak dibudidayakan di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Di Cikajang itulah Kopi Kuning Garut diyakini pertama kali ditanam.

Kopi Kuning juga dikatakan memiliki daya tahan yang baik terhadap hama penyakit. Oleh karena itu jika ditinjau secara agronomi sangat menguntungkan karena akan mengurangi penggunaan pembasmi hama penyakit.

Selain itu dari warnanya juga menjadi daya Tarik tersendiri karena pada umumnya kopi berwarna merah pekat. Namun kopi Kuning warnanya benar-benar kuning Ketika matang.

2. Kopi galigo

Kopi galigo diproduksi di Lampung dan Kabupaten Garut. Kopi Galigo dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp50 ribu per 100 gram.

Kopi Galigo tak hanya berkhasiat menghilangkan rasa ngantuk, tapi juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dan asam urat.

baca juga: Masalah Petani Cikajang dengan PTPN Disarankan Selesai di GTRA

Cara menyeduh juga sangat menentukan untuk menghasilkan khasiat yang baik untuk kesehatan. Hindari menyeduh dengan mencampurkan gula. Dan usahakan menyeduh dengan air panas dengan suhu 90 derajat celcius.

3. Kopi Wine

 

Kopi wine juga sangat populer di Kabupaten Garut. Untuk menghasilkan kopi wine caranya dengan fementasi selama 1,5 bulan sampai membusuk.

Kopi wine ini biasanya memili cita rasa yang tajam dengan aroma buah segar. Hal itu bisa dikarenakan proses dari fermentasi.

baca juga: Forsiaga Desak Bupati Garut dan DPRD Bentuk Perda Anti LGBT

Karena rasanya yang khas itu, kopi Wine banyak dijual di kedai-kedai kopi di Kabupaten Garut.

 

4. Kopi Talaga Bodas

 

Sesuai dengan namnaya, kopi Talaga Bodas berasal dari daerah Talaga Bodas Kabupaten Garut. Talaga Bodas sendiri selama ini dikenal sebagai tempat wisata populer. Namun rupanya kopi Talaga Bodas juga memiliki daya tarik sendiri

Kopi Garut, Banyak Diburu Karena Rasanya yang Khas