Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar Dorong Bantuan Keuangan ke Desa

Berita, Ekonomi1196 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar, Fraksi Golkar, Ade Ginanjar tengah mendorong untuk menyalurkan program bantuan keuangan bagi desa, yang bersumber dari APBD Provinsi.

Ade Ginanjar mengatakan, bantuan keuangan ini di luar bantuan rutin seperti dana IP yang selama ini telah disalurkan Pemprov Jabar untuk desa.

” Sekarang ini saya ingin menggencarkan bantuan keuangan desa. di Provinsi Jabar ini ada slogan desa juara. Jadi desa juara ini maksud tujuannya kita ingin desa ini bisa mandiri,” ujar Ade Ginanjar, ketika diwawancara usai reses di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Selasa 21 Februari 2023.

Ade Ginanjar mengharapkan, dengan bantuan ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa.

” Karena itu kita mendorong desa-desa ini bisa atau mau menciptakan pertumbuhan ekonomi dengan membangun seperti desa wisata atau apa yang bisa dia punya di desanya. Tapi tidak terlepas dari kebutuhan infrastrukturnya dulu,” ujarnya.

Bantuan ini juga menurut Ade, bisa membuat perputaran uang di desa tersebut. Karena nantinya yang akan terlibat dalam pembangunan ada masyarakat desa itu sendiri dan belanja barang pun di desa tersebut.

” Contoh pembangunan jalan. Otomatis belanja barang dan tenaga kerjanya di desa. Berarti kan perputaran uang itu berputar otomatis menekan inflasi,” imbuhnya.

Selain bantuan keuangan, Ade juga menilai pentingnya mendorong pembangunan infrastruktur di pedesaan. Seperti yang dia dapatkan dari reses di Desa Hegarmanah ini, Ade banyak mendapatkan aspirasi dari warga tentang pembangunan infrastruktur.

baca juga: Kemenkop UKM Bantu Pelaku Usaha di Garut, Gerakkan Ekosistem Antar Pelaku Usaha dan Lembaga Pembiayaan

” Di Desa Hegarmanah ini kebanyakan kalau saya lihat memang (aspirasi) infrastruktur jalan dan rutilahu. Dari 8 titik yang saya tangkap kelihatan masyarakat belum adanya pemerataan pembangunan jalan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Kaitan pembangunan infrastruktur ini, Ade juga mengharapkan keaktifan Pemerintah Kabupaten/kota untuk mengusulkan kepada Provinsi. Sehingga apa yang tidak bisa dicover oleh Pemerintah kabupaten/kota, bisa dibantu oleh Pemprov Jabar.

baca juga: Merasa Dibodohi Soal BPJS Kesehatan, Warga Garut Ini Akan Lapor ke Polres Garut