Wakil Bupati Garut Tinjau Situ Bagendit, Diharapkan Bisa Dikelola Profesional

Ekonomi321 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Di momen libur lebaran, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melakukan monitoring objek wisata Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jum’at (28/4/2023).

Dalam monitoringnya, Wakil Bupati Garut, menyampaikan objek wisata yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Garut ini, diharapkan bisa memiliki pengelolaan yang lebih profesional.

Ia juga menerangkan, bahwa jumlah pengunjung pada objek wisata di Kabupaten Garut pada libur lebaran tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya. Helmi memaparkan, bahwa pihaknya akan memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada pada objek wisata.

“Jalan ini kan sebelah sini rusak, saya mohon maaf kemarin tidak sempat diperbaiki, nah mudah-mudahan ini setelah ini bisa ada perbaikan. Kemudian juga fasilitas yang ada, ya ini juga terutama saya sudah menghubungi BBWS tiga bulan sebelumnya untuk melakukan pengerukan, karena kalau tidak dikeruk ini gulmanya sangat banyak, ” ucap Wabup Garut.

Ia berharap, bahwa pemeliharaan rutin dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) ini akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni mendatang. Ia memaparkan, bahwa pengerukan harus dilakukan agar gulma tidak cepat tumbuh. Selain itu, Helmi menerangkan bahwa beberapa fasilitas yang akan diperbaiki diantaranya yaitu jalan serta bangunan bambu.

“Ya seperti yang jalan ini kan ada yang amblas, kemudian juga bangunan yang bambu itu kan sudah rusak, kemarin ada beberapa lah dan itu dilakukan oleh masih tanggung jawab daripada pihak ketiga, dulu yang melakukan pekerjaan ini yaitu dari Adhi Karya,” lanjutnya.

Terkait pengelolaan sampah, Wabup Garut menyampaikan bahwa pihaknya memang belum bisa sekaligus melakukan upaya agar sampah tidak menumpuk. Meski begitu, lanjut Helmi, pihaknya sudah menetapkan beberapa titik yang akan dijadikan sebagai pengelolaan sampah mini, yang diharapkan bisa membackup melimpahnya tumpukan sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Agus Ismail menyampaikan, meskipun jumlah pengunjung objek wisata di Kabupaten Garut pada tahun ini meningkat, akan tetapi pengunjung objek wisata Situ Bagendit pada tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu.

“Sebenarnya lebih rendah dibandingkan dengan lebaran yang kemarin, soalnya kalau tahun kemarin pertama kali dibuka jadi pengunjung itu membludak gitu pak,” ucapnya.

Senada dengan Wabup Garut, Agis menyampaikan bahwa di tahun ini pihaknya akan menambah atau memperbaiki fasilitas objek wisata di beberapa tempat, salah satunya di Situ Bagendit.

“Kita coba beberapa item untuk pelayanan terhadap si pengunjung dari mulai pintu masuk, kemudian sarana-sarana untuk tempat duduk kita perbaiki, cuman yang untuk infrastruktur besarnya kita kan tidak bisa memperbaiki, kita baru serah terima dengan PUPR juga,” ucapnya.

Untuk objek wisata Pantai Sayang Heulang, imbuh Agus, pihaknya merencanakan akan ada pembagunan jalan untuk masuk ke objek wisata tersebut. Ia berharap, adanya pembangunan jalan ini dapat meningkatkan aksesibilitas ke Pantai Sayang Heulang.

“Cuman sebenarnya yang perlu ditingkatkan itu infrastruktur di dalamnya sendiri, jadi jalan pariwisatanya yang kondisi hari ini kan sangat rusak di dalamnya,” tandasnya.

 

baca juga:

 

Bencana Longsor Terjang Rumah Warga di Desa Karangagung

 

Gunung Papandayan Objek Wisata Alam di Garut