Wabup Garut: Santri Harus Mempersiapkan Diri sebagai Negarawan

Berita, Nasional329 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com- Dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2023, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, turut serta dalam acara Halaqoh Kyai & Santri Kabupaten Garut di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (21/10/2023).

Dalam sambutannya, Wabup Garut menyampaikan ucapan Selamat Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. Helmi mengakui kontribusi besar para santri bagi negara, sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini.

“Saya berharap santri-santri ini, para pesantren, para santri mempersiapkan sumber dayanya untuk menjadi seorang negarawan-negarawan yang akan ikut serta mengelola negara kita,” ucapnya.

Helmi juga menekankan pentingnya pembangunan akhlakul karimah saat ini. Ia pun mengajak seluruh masyarakat, termasuk di sekolah umum, sekolah swasta, dan pesantren, untuk menekuni pendidikan akhlakul karimah.

Ia berharap para santri dan kyai dapat ikut turun dalam memberikan pendidikan akhlakul karimah guna mempersiapkan generasi di masa depan.

baca juga: Serah Terima Kalapas Kelas IIB Garut, Kakanwil Kemenkum Ham Jabar Berpesan Begini

“Bentuknya bisa melalui pendidikan agama, pendidikan mentoring di sekolah, harus turun bagaimana mempersiapkan SDM kita ya, apalagi nanti 2045 adalah keemasan atau kejayaan bangsa kita ini harus turun mempersiapkan mereka akhlakul karimah,” lanjutnya.

Terakhir, Helmi menegaskan bahwa para santri memiliki peran kunci dalam mencerdaskan bangsa secara menyeluruh, dengan nilai akhlakul karimah sebagai fondasinya.

baca juga: Pemkab Garut akan Lakukan Validasi, Diharapkan Angka Penerima Bantuan PKH Menurun