Sekdis DPMD Garut Tekankan Pentingnya Netralitas dan Tertib Administrasi di Pilkades Serentak

Berita740 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Garut menekankan pentingnya netralitas hingga tertib administrasi, agar pilkades serentak berjalan dengan baik.

“Penekanannya adalah yang pertama panitia harus bersikap netral, yang kedua tidak lupa panitia itu kita ingatkan terkait persyaratan bakal calon, tertib administrasi, tertib pelaksanaan, dan tertib laporan, intinya itu,” ujar Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Erwin Rianto Nugraha, yang juga selaku Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Garut di Kecamatan Pangatikan (25/01).

Panitia tingkat kabupaten ini akan melakukan sosialisasi secara maraton tentang pilkades yang akan dilaksanakan pada 15 Mei 2023 nanti.

Erwin mengatakan, sosialsiasi ini akan dilaksanakan sampai pertengahan bulan Februari. Dimana setelah sosialisasi akan dilakukan penetapan panitia tingkat desa.

“Mulai (bekerja) setelah ditetapkan tanggal 22 Februari itu mulai bekerja panitia pemilihan tingkat desa, untuk pelaksanaan Pilkades secara bersamaan atau serentak Insya Allah pelaksanaan pencoblosan atau hari pemungutan suara ini tanggal 15 Mei tahun 2023,” katanya.

Erwin berharap dengan sosialisasi yang massif ini mampu meminimalisir permasalahan yang diprediksi akan muncul ketika pilkades serentak nanti.

baca juga: Klinik Mata Cicendo Berdiri di Kabupaten Garut, Tak Perlu Lagi Jauh ke Bandung

Camat Pangatikan, Asep Harsono Hendra Setiawan, megnatakan, ada 3 desa di Kecamatan Pangatikan yang akan mengikuti pilkades nanti. Antara lain Desa Cimaragas, Desa Sukamulya, dan Desa Karangsari.

Asep juga berharap pilkades serentak ini bisa terlaksana dengan baik tanpa ekses.

baca juga: GMNI Garut Tolak Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Nanan Kecewa dengan Sikap DPMD

“Insya Allah dengan mengedepankan aturan konstitusi yang berlaku, kita memberikan arahan kepada panitia untuk bertindak seadil-adilnya, sejujur-jujurnya, dan tentu dengan netralitas yang tinggi, insya Allah pelaksanaan Pilkades ini akan berjalan dengan sukses bilamana hal itu bisa dilaksanakan ya,” tandasnya.