Revitalisasi Buat Belasan Situ, Waduk, dan Saluran Multifungsi di Jabar Jadi Destinasi Wisata Menarik

Artikel, Berita10103 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Sumber daya air di Jawa Barat tidak hanya berfungsi sebagai irigasi, pengendali banjir, maupun infrastruktur yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Situ, waduk, dan saluran multifungsi, di Jawa Barat itu kini bersalin rupa dan memesona dengan beragam fasilitas menarik.

Selama kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil-Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, Pemda Provinsi Jabar sudah merevitalisasi
11 situ, 1 waduk, 2 embung, 2 saluran multifungsi, dan 1 breakwater hingga Agustus 2023. Tujuannya untuk memberikan nilai tambah sehingga bisa bermanfaat lebih banyak untuk masyarakat khususnya sektor pariwisata.

Teraktual adalah revitalisasi Situ Bagendit di Kabupaten Garut yang bersumber dari APBN. Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah melakukan soft launching Situ Bagendit hasil revitalisasi pada Senin (20/8/2023).

“Alhamdulillah, hari ini kita melakukan namanya soft launching peresmian yang sifatnya menunggu arahan dari Bapak Presiden karena ini proyek yang dihibahkan oleh Presiden,” ucap Ridwan Kamil dalam peresmiannya.

Dengan soft launching, berarti Situ Bagendit sudah bisa digunakan bagi warga sekaligus menjadi lokasi wisata lokal yang dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Selain tentunya dapat menghadirkan fungsi ekologis dan sosial bagi masyarakat sekitar.

 

Berita Terkait :

Ridwan Kamil Minta Situ Bagendit Dirawat dengan Baik