Program Pekarangan Pangan Lestari Untuk Kelompok Tani, Dapat Dukungan Dari Tenaga Ahli DPR RI(Rijal Citraloka)

50 Juta per-kelompok Tani

Artikel670 Dilihat

 

Garut, Sinarpriangan.com

Seorang tenaga ahli / Staf ahli dari Haerudin ( Anggota DPR RI Fraksi PAN Komisi IV ), Rijal Citraloka, yang juga merupakan Calon Legislatif dari Fraksi Partai Amanat Nasional, memberikan dukungan yang kuat terhadap Program Pekarangan Pangan Lestari yang sedang berlangsung di Kabupaten Garut.
Program ini melibatkan 24 kelompok tani di daerah tersebut dengan tujuan meningkatkan pertanian berkelanjutan.
Kamis, 26 Oktober 2023.

Kegiatan Bimbingan Teknis Program Pekarangan Pangan Lestari(Bimtek P2L) Program dari Kementrian Yang Bermitra dengan DPR RI, Digelar di Aula Dinas Perkebunan dan di sambut baik oleh seluruh Peserta/Kelompok Tani.

Rijal Citraloka, mengatakan bahwa dalam sebuah acara bimbingan teknis terbaru, setiap kelompok tani menerima bantuan stimulan sekitar Rp 50 juta, yang akan digunakan untuk rumah bibit, demplot, dan keperluan lainnya,
Program ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok tani di Kabupaten Garut yang memiliki anggaran swakelola yang akan sepenuhnya dikelola oleh kelompok tani bersama pengurus dan anggotanya” imbuhnya

“Meskipun program ini telah dimulai beberapa bulan sebelumnya melalui proses pengusulan dan verifikasi oleh dinas terkait, pencairan dana masih menunggu persetujuan dari pusat, karena bersifat APBN.
Kelompok tani yang menerima bantuan telah memenuhi syarat dengan memiliki Surat Keputusan (SK) Desa dan telah aktif lebih dari 3 tahun.

“Program ini dilaksanakan sesuai dengan panduan yang diterima oleh kelompok tani, dan bimbingan teknis melibatkan pihak dinas sebagai narasumber, membahas aspek teknis pelaksanaan program, administrasi, serta pelaporan.
Program Pekarangan Pangan Lestari juga memperhatikan karakteristik daerah masing-masing, seperti jenis tanaman bibit yang disesuaikan dengan kondisi iklim dan lingkungan.

Menurut Rijal lanjut dalam Pemaparannya Bahwasanya Dana program ini disalurkan langsung ke rekening kelompok tani, dengan pengawasan pelaksanaan program oleh dinas setempat.
Program ini memberikan dukungan signifikan kepada 24 kelompok tani di 19 kecamatan Kabupaten Garut, Bertujuan membawa harapan bagi perkembangan pertanian berkelanjutan di wilayahnya.

Pewarta:
Dinata And Ela